Peristiwa Nasional

Ditetapkan Jokowi, Ini 9 Nama Pansel Calon Pimpinan KPK RI

Jumat, 17 Mei 2019 - 21:02 | 39.67k
Ilustrasi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI). (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI). (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 9 (sembilan) anggota Panitia Seleksi atau Pansel Calon Pimpinan KPK RI (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk masa jabatan tahun 2019-2023.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/P Tahun 2019 Tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2019-2023. Keppres tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 17 Mei 2019.

Pansel tersebut dibentuk untuk menjamin kualitas dan transparansi dalam seleksi calon pimpinan KPK RI sehubungan akan berakhirnya masa jabatan pimpinan KPK RI saat ini pada 21 Desember 2019.

Pansel calon pimpinan KPK tahun 2019-2023 diketuai oleh Yenti Ganarsih, dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Sedangkan Wakil Ketua Pansel dijabat oleh Indriyanto Senoadji, Guru Besar Hukum Pidana Universitas Indonesia, yang juga mantan Plt. pimpinan KPK.

Sebagai anggota pansel, Presiden Jokowi menetapkan Harkristuti Harkrisnowo (akademisi yang juga pakar hukum pidana dan HAM), Hamdi Moeloek (akademisi dan pakar psikologi Universitas Indonesia), Marcus Priyo (akademisi dan pakar hukum pidana Universitas Gadjah Mada).

Selanjutnya ada nama Hendardi (pendiri LSM Setara Institute), dan Al Araf (Direktur Imparsial). Dari unsur pemerintah, yakni Diani Sadia (staf ahli Bappenas RI), dan Mualimin Abdi (Direktur Jenderal HAM Kementerian Hukum dan HAM).

Pansel calon pimpinan KPK RI tersebut akan bekerja untuk menyeleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2023 sejak Keputusan Presiden ditetapkan. Mereka akan bertugas menyaring dan mengusulkan nama-nama calon kepada presiden dan bekerja hingga terbentuknya pimpinan KPK periode 2019-2023.

Berikut susunan keanggotaan Pansel Calon Pimpinan KPK RI Tahun 2019-2023:
Ketua merangkap anggota:
Dr. Yenti Ganarsih, S.H., M.H.

Wakil ketua merangkap anggota:
Prof. Dr. Indriyanto Senoadji, S.H., M.H.

Anggota:
1. Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo
2. Prof. Dr. Marcus Priyo Gunarto, S.H., M.Hum.
3. Prof. Dr. Hamdi Moeloek
4. Dr. Diani Sadia Wati, S.H., LL.M.
5. Dr. Mualimin Abdi, S.H., M.H.
6. Hendardi, S.H.
7. Al Araf, S.H., M.T.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES