Peristiwa - Daerah

Sukseskan IVA, PKK Bimomartani Kabupaten Sleman Gandeng Dasawisma Hingga RT

Sukseskan IVA, PKK Bimomartani Kabupaten Sleman Gandeng Dasawisma Hingga RT Ketua TP PKK Desa Bimomartani, Suhana bersama isteri Tutik Wahyuningsih yang menjabat sebagai kepala Desa Bimomartani. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Jum'at, 17 Mei 2019 - 17:27

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Desa Bimomartani Kecamatan Ngemplak merupakan salah satu desa di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang sukses melakukan pencegahan terhadap kanker mulut rahim dan kanker payudara. Kesuksesan itu tidak lepas dari peran serta Tim Penggerak PKK Desa Bimomartani yang dipimpin oleh Suhana.

“Alhamdulillah, sejak ada program pemeriksaan inspeksi visual asam asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), kaum perempuan di Desa Bimomartani semakin sadar pentingnya kesehatan diri. Ibu-ibu antusias periksa kesehatan reproduksi dan payudara untuk mencegah penyakit kanker,” kata Ketua TP PKK Desa Bimomartani, Suhana.

Suhana menceritakan, Program IVA dan SADARI berawal dari adanya Surat Keputusan Kepala Desa No 8 Tahun 2018. Dalam SK itu, Tim Penggerak PKK Desa Bimomartani diberikan tugas ikut membantu menyukseskan program pemerintah terkait pencegahan kanker mulut rahim dan kanker payudara.

Caranya, mengerakkan masyarakat dari tingkat keluarga inti, dasawisma, lingkup rukun tetangga (RT), lingkup rukun warga (RW), padukuhan, dan tingkat desa.

“Melalui TP PKK, kaum perempuan di Desa Bimomartani diminta aktif ikut serta pemeriksaan Inspeksi visual asam asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI),” terang Suhana.

Pemeriksaan itu meliputi deteksi dini kanker mulut rahim dan kanker payudara. TP PKK pun merespon dengan mencanangkan gerakan Bebaskan Dukamu Dara. Kemudian, setiap padukuhan/dusun merespon dengan membuat program Bebaskan Dusun Dari Kanker Mulut Rahim dan Payudara.

“Dari program tersebut, TP PKK tingkat dusun menggerakkan masyarakat dari tingkat dusun untuk melakukan pemeriksaan IVA dan SADARI terutama bagi pasangan usia subur,” ungkap suami Tutik Wahyuningsih, kepala Desa Bimomartani.

Agar program ini berjalan lancar, TP PKK Desa Bimomartani dengan dukungan TP PKK Kabupaten Sleman menjalin kerjasama dengan puskesmas, Dinas Kesehatan Sleman, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sleman, dan BPJS Sleman.

“Dengan gerakan ini maka akan terwujud sinergi pelaksanaan program-program bidang kesehatan dan kesehatan reproduksi. Sehingga, tujuan program tersebut dapat tercapai yaitu terwujudnya keluarga yang sehat dan sejahtera,” jelas Suhana, ketua TP PKK Desa Bimomartani. (*)

Jurnalis : Fajar Rianto
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Loading...
Registration