Kamis, 19 September 2019
Peristiwa - Daerah

Masjid Baiturrozaq Citraland Berbagi Berkah Sepanjang Ramadhan

Masjid Baiturrozaq Citraland Berbagi Berkah Sepanjang Ramadhan Masjid Baiturrozaq Citraland Surabaya kini menjadi ikon pusat peradaban Islami di Kawasan Surabaya Barat, Kamis (16/5/2019).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Jum'at, 17 Mei 2019 - 13:49

TIMESINDONESIA, SURABAYAMasjid Baiturrozaq Citraland Surabaya berbagi berkah sepanjang bulan Ramadhan dengan menggelar ragam kegiatan Islami.

Isma Swajaya, Pengurus Masjid menuturkan, Ramadhan Bermakna menjadi tagline kali ini dengan berbagi bersama semua stake holder.

“Masjid Baiturrozaq termasuk unik karena sebagai tempat transisi setiap jam kerja, banyak yang transit baik istirahat maupun sembahyang di sini. Oleh karena itu kami berinisiatif membuat kegiatan full seminggu selama Ramadhan,” terang Isma saat dijumpai di sela berbuka bersama ratusan jamaah dan stake holder, Kamis (16/5/2019) petang.

Masjid-Baiturrozaq-Citraland-Surabaya-a.jpg

Kegiatan itu antara lain Kajian Tafsir Al Quran, Akidah Akhlak, Fiqih Tematik Kehidupan, Sirah Nabawiyah, Ekonomi Syariah dan Thinbun Nabawi, yang dilakukan setiap hari usai melaksanakan shalat dhuhur.

Selain itu hampir sepanjang petang pengurus masjid Baiturrozaq membagikan sekitar 650 takjil. Tidak kalah menarik, sepuluh hari terakhir Ramadhan juga diadakan shalat malam. 

“Kami bisa menyediakan 1000-1300 takjil tiap sepuluh hari terakhir, didukung donasi berbagai pihak seperti dari Pakuwon, Water Place dan para stake holder,” sambungnya.

Tahun ini dengan kepengurusan yang baru, agenda buka puasa dikemas dengan catering sehingga lebih higienis dan terarah.

“Merupakan gebrakan dari pengurus baru menyajikan buka puasa dengan catering tidak dengan nasi bungkus,” jelasnya.

Isma menuturkan, ia ingin membangun brand dan menjadikan Masjid Baiturrozaq Citraland sebagai pusat peradaban Islami di Surabaya.

“Kami ingin menjadikan masjid ini sebagai ikon sehingga kita branding dan berhasil,” lanjut Isma.

Tidak sekedar sebagai ibadah ritual, Masjid Baiturrozaq juga dibangun untuk memulai peradaban dengan berbagai kegiatan berkesinambungan, baik secara sosial sekaligus pemberdayaan ekonomi dengan hadirnya kajian ekonomi syariah dan Baitul Mal bagi masyarakat sekitar.

“Sehingga saat kita menyiapkan, masyarakat sudah bisa match ketika dilaunching program pemberdayaan ekonomi nanti,” terang Isma.

Masjid Baiturrozaq sendiri memiliki nilai historis karena berada di sebuah kawasan perumahan elit yang cikal bakal berdirinya berdasar pemikiran para tokoh masyarakat sekitar. 

“Mereka menginginkan keberadaan rumah elit ini tidak menjadikan sekat antara stake holder dan warga sekitar. Kira-kira apa yang bisa menyatukan, akhirnya kami coba memetakan bahwa masyarakat sekitar sini religius dan kami menyatukan semua dengan hadirnya masjid sebagai pusat peradaban,” demikian ungkapnya.

Hal tersebut menjadi nilai tambah Masjid Baiturrozaq untuk terus menebarkan semangat religi terlebih di bulan penuh berkah. Selain berada di tempat strategis, juga menjadi rujukan beberapa pekerja perusahaan di Kawasaan Surabaya Barat untuk mengunjungi masjid ini.

Secara kapasitas, Masjid Baiturrozaq Citraland Surabaya mampu menampung 1500 jamaah. Fasilitas masjid meliputi perpustakaan dan pusat kajian bersifat kelas baik bagi anak, ibu rumah tangga, lansia maupun pekerja.(*)

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Registration