Kesehatan

Tak Perlu Ragu Berpuasa, Ini Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes

Tak Perlu Ragu Berpuasa, Ini Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes ILUSTRASI - Buka Puasa. (FOTO: iStockphoto)
Jum'at, 17 Mei 2019 - 03:50

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi Anda yang punya diabetes, mungkin dilema apakah ikut berpuasa atau tidak di bulan Ramadhan ini. Tak sedikit penderita diabetes yang melewatkan puasa karena takut berimbas pada kadar gula darahnya. Padahal, banyak lho kebaikan yang didapat saat berpuasa. Apa saja manfaat puasa untuk penderita diabetes?

1. Glukosa lebih teratur

Ketika Anda sudah berpuasa selama 8 jam, tubuh mengalami banyak perubahan. Perubahan yang paling besar adalah saat menggunakan serta mengolah energi yang akan digunakan.

Pada awalnya, tubuh memang menggunakan glukosa sebagai energi utama. Namun, ketika gula tersebut habis, tubuh akan mulai memecah cadangan lemak untuk dijadikan energi.

Jika lemak terus-terusan digunakan sebagai energi, bukan tidak mungkin berat badan Anda akan menurun.

2. Mengurangi ketergantungan terhadap obat

Dilansir dari laman WebMD, sebuah penelitian mengungkapkan manfaat puasa untuk penderita diabetes salah satunya adalah mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan. 

Akan tetapi, tentu saja diperlukan penelitian-penelitian lain yang lebih menjanjikan mengenai hal tersebut. Terutama penelitian mengenai apakah kondisi ini hanya bertahan sebentar atau justru bisa berlangsung selamanya.

3. Menjaga kesehatan organ-organ tubuh

Pada umumnya, tubuh Anda menyimpan glukosa untuk berjaga-jaga. Nah, glukosa simpanan ini disebut glikogen yang tersimpan di hati Anda. Glikogen membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk digunakan.

Apabila Anda berhenti makan dalam waktu yang cukup panjang, tubuh akan mulai membakar lemak sebagai pengganti glikogen tadi.

Pembakaran lemak ini menghasilkan energi dan mengistirahatkan hati dan pankreas Anda. Hati dan pankreas adalah kedua organ tubuh yang bertugas untuk memproduksi insulin sebagai hormon pengatur gula darah.

Nah, itulah tiga manfaat puasa bagi Anda yang memiliki diabetes. Kini, Anda tak perlu ragu lagi menjalankan puasa Ramadhan meski memiliki diabetes. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration