Kesehatan

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala untuk Kesehatan

Jumat, 17 Mei 2019 - 03:22 | 44.75k
Ilustrasi - tidur dengan lampu menyala (FOTO: Sps)
Ilustrasi - tidur dengan lampu menyala (FOTO: Sps)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda terbiasa tidur dengan lampu menyala? Sebaiknya Anda tidak melakukannya lagi. Pakar kesehatan menyebut tidur dengan kamar yang masih ada cahaya terang akan memicu terganggunya ritme sirkadian tubuh. Hal ini akhirnya membuat kualitas tidur menurun drastis.

Berikut ini dampak buruk karena kebiasaan tidur dengan lampu menyala, dilansir dari Hello Sehat.

1. Meningkatkan risiko diabetes

Mereka yang tidur dengan cahaya terang cenderung mengalami peningkatan resistensi insulin yang berimbas pada kekacauan gula darah. Hal ini bisa meningkatkan risiko terkena diabetes dengan signifikan.

2. Meningkatkan risiko kanker

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Massachussetts Institute of Technology, Amerika Serikat, dihasilkan fakta bahwa tidur dengan menyalakan lampu atau peralatan elektronik seperti televisi atau laptop bisa memicu gangguan fungsi sel-sel dan sistem metabolisme tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiok terkena perkembangan tumor di dalam tubuh.

Bahkan, penelitian ini juga menyebut wanita yang sering melakukan hal ini akan lebih rentan terkena kanker payudara, salah satu kanker yang paling mematikan bagi manusia.

3. Menyebabkan obesitas

Penelitian yang dilakukan di Oxford University, Inggris menghasilkan fakta bahwa kebiasaan tidur dengan lampu menyala bisa memicu peningkatan risiko obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini disebabkan oleh menurunnya hormon melatonin di dalam tubuh yang akhirnya berimbas pada terganggunya sistem metabolisme tubuh dan mengubah pola makan.

4. Memicu depresi

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Molecular Psychiatrymenghasilkan fakta bahwa tidur dengan lampu menyala bisa menyebabkan gangguan psikologis pada hamster percobaan. Para hamster ini mengalami perubahan tingkah laku yang menunjukkan tanda-tanda depresi.

5. Menyebabkan insomnia

Insomnia atau susah tidur juga bisa disebabkan oleh kebiasaan tidur dengan menyalakan lampu. Cahaya terang bisa membuat kita mudah terbangun di tengah malam. Hal inilah yang akhirnya membuat kualitas tidur menurun dengan gejala-gejala seperti tubuh lemas, pegal-pegal, kurang tidur, hingga pikiran yang sulit untuk diajak berpikir jernih.

6. Gangguan kesuburan

Dampak kesehatan lain karena kebiasaan tidur dengan lampu menyala adalah masalah kesuburan. Bagi kaum hawa, sering tidur dengan lampu menyala ternyata bisa memicu terganggunya siklus menstruasi yang akhirnya berimbas pada datangnya gangguan kesuburan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES