Kesehatan

Tak Hanya untuk Tulang, Ini Manfaat Susu untuk Kesehatan Tubuh

Tak Hanya untuk Tulang, Ini Manfaat Susu untuk Kesehatan Tubuh Ilustrasi - Manfaat minum susu (FOTO: thelist)
Jum'at, 17 Mei 2019 - 04:28

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, masih ada banyak manfaat lainnya yang ada pada susu. Susu memang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung tiga nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh, yaitu protein, lemak dan karbohidrat. Apa saja manfaat susu selain untuk kesehatan tulang?

Berikut ini adalah 5 manfaat lain susu bagi kesehatan tubuh, menurut Spesialis Gizi Klinis dr. Diana F. Suganda.

1. Menurunkan tekanan darah

Asupan susu yang disertai dengan diet rendah garam bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke.

2. Melindungi otak terhadap radikal bebas

Pada lansia yang minum susu secara rutin memiliki glutathion dalam jumlah yang tinggi di otak. Glutathion tersebut merupakan antioksidan yang berperan penting dalam melindungi otak manusia terhadap reactive oxygen species (ROS) dan radikal bebas yang dapat merusak jaringan otak dan menyebabkan stres oksidatif.

3. Menurunkan berat badan

dr Diana menjelaskan, menurut International Journal of Obesity pada April 2004, kandungan kalsium dan protein susu dapat membantu menurunkan berat badan pada orang dewasa yang mengalami obesitas.

4. Terapi diare

Di Kanada, produk susu yang difermentasi digunakan sebagai obat untuk mengatasi diare. Jika sedang diare, tidak ada salahnya Anda coba mengatasinya dengan minum susu.

5. Kendali berat badan

Manfaat minum susu untuk kesehatan tubuh lainnya adalah mengendalikan berat badan. Konsumsi susu full cream dengan pengaturan kalori yang tepat dapat membantu mengontrol berat badan. Meski minum susu Anda tak perlu takut gemuk. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

Komentar

Registration