Tekno

Ramadhan, Google Search Tambahkan Fitur Petunjuk Arah Kiblat

Kamis, 16 Mei 2019 - 16:30 | 65.45k
Fitur arah kiblat di Google Search. (FOTO: TIMES Indonesia)
Fitur arah kiblat di Google Search. (FOTO: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGoogle mempunyai fitur baru berupa petunjuk untuk menemukan arah kiblat. Fitur Ramadhan ini membantu penggunanya lebih mudah menemukan hasil pencarian yang berkaitan dengan ibadah selama berpuasa.

"Pencarian di Google Search naik 40 persen, informasi penunjang ibadah seperti jadwal salat, arah kiblat, zakat fitrah," kata Kepala Pemasaran Google Indonesia, Veronica Utami di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Google menyebut fitur ini sebagai Ramadan Box. Pengguna dapat mengetik kata kunci "Ramadan" di kolom pencarian Google Search dan akan menemukan berbagai jadwal salat, artikel seputar puasa, serta fitur mencari arah kiblat.

Untuk petunjuk arah kiblat, Google mengembangkan fitur Qibla Finder berdasarkan teknologi augmented reality (AR). 
Pengguna tidak perlu memasang aplikasi khusus untuk melihat arah kiblat dari Google.

Proses menemukan arah kiblat, pengguna akan diminta mengizinkan Google mengakses kamera. Setelah kamera belakang aktif, pengguna diminta untuk berputar hingga menemukan arah kiblat.

Ketika sudah berada pada posisi yang benar, atau sudah menghadap ke barat, akan muncul gambar Kabah di layar ponsel.

Veronica menambahkan, fitur ini akan terus tersedia meski sudah melewati bulan Ramadan.

Selain itu, Google juga akan menampilkan jadwal salat selama 30 hari bulan puasa berdasarkan data Kementerian Agama RI. Jadwal tersebut sudah disesuaikan dengan lokasi pengguna berada.

Fitur Ramadan ini juga berlaku untuk asisten virtual Google Assisstant. Pengguna dapat mengaktifkan alarm melalui kata kunci, misalnya "bangun sahur jam 4".

Google Indonesia sudah dilatih untuk mengenali bahasa Indonesia ragam informal sehingga mesin mampu memahami kata-kata yang tidak baku, misalnya "bangunin".

Untuk mengaktifkan bahasa Indonesia di Google Assisstant, buka aplikasi Google dan pergi ke pengaturan/setelan, masuk ke bahasa penelusuran. Pilih bahasa Indonesia di antara opsi yang ada. Masuk juga ke pilihan "Suara" dan pilih bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES