Pendidikan

Wow! Ada 300 Beasiswa Digital Talent 2019 di Filkom UB

Kamis, 16 Mei 2019 - 14:45 | 179.21k
Digital Talent Scholarship Tahun 2019
Digital Talent Scholarship Tahun 2019

TIMESINDONESIA, MALANG – Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) untuk menyelenggarakan program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019) dengan menawarkan 300 beasiswa pelatihan Fresh Graduate Academy (FGA) untuk  mahasiswa tahun akhir (sedang tugas akhir) atau lulusan dari D3, D4, S1 bidang Komputer/TIK, MIPA dan Teknik yang belum mendapatkan pekerjaan tetap.

“Untuk mahasiswa tahun akhir, dapat juga mendaftar dengan melampirkan transkrip nilai dan surat keterangan dari kampus yang menyatakan sedang mengerjakan tugas akhir,” jelas Wakil Rektor  4 Universitas Brawijaya (UB), Dr Ir Moch Sasmito Djati, M.S.

Bagi mereka yang mendaftar dan lolos seleksi akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk mengikuti pelatihan secara gratis sesuai dengan salah satu bidang minat yang dipilihnya, yaitu bidang Cyber Security (50 beasiswa), Cloud Computing (100 beasiswa), Big Data Analysis (100 beasiswa) dan Internet of Things (50 beasiswa).

Digital-Talent.jpg

Selama pelaksanaan ini, penerima beasiswa FGA mendapatkan bantuan uang saku dan bantuan biaya hidup total sebesar Rp 1.500.000.

Sementara menurut Dekan Filkom UB, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D., program ini juga terbuka bagi penyandang disabilitas tuna rungu dan daksa.

“Selain itu, bagi peserta yang mengikuti program pelatihan digital ini akan mendapat sertifikasi internasional dari AWS, Cisco, Google dan Microsoft. Sertifikat tersebut dapat menjadi nilai tambah dalam bersaing di dunia kerja,” terangnya.

Program DTS 2019 merupakan salah satu program unggulan Kementerian Kominfo yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia Indonesia untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Program ini terdiri dari Fresh Graduate Academy (FGA) ditujukan bagi lulusan (sedang tugas akhir) D3, D4 dan S1 yang berasal dari jurusan TIK, MIPA dan seluruh jurusan Teknik. Akademi kedua yaitu Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang ditujukan bagi lulusan SMK.

Akademi ketiga yaitu Coding Teacher Academy (CTA) yang ditujukan bagi para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah serta SMALB bidang TIK (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS) dan yang keempat yaitu Online Academy (OA), program pelatihan online bagi masyarakat umum termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

Program ini diselenggarakan bersama 30 mitra universitas, 23 mitra politeknik serta 4 mitra sertifikasi internasional dari perusahaan teknologi global yaitu AWS, Cisco, Google dan Microsoft. Secara nasional, program ini memberikan total 25.000 beasiswa yang terdiri dari 6.000 beasiswa FGA, 4.000 beasiswa VSGA, 4.000 beasiswa CTA dan 11.000 beasiswa OA.

Pelatihan FGA ini akan dilaksanakan selama dua bulan mulai awal Juli hingga akhir Agustus 2019. Bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri secara online melalui website: digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/FGA paling lambat 19 Mei 2019 untuk gelombang pertama dan nanti juga akan dibuka gelombang kedua.

Penyelenggaraan program FGA ini nantinya akan berlangsung selama 144 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi.

Filkom UB dalam program ini berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai dengan skema pelatihan. Pada akhir pelatihan, peserta akan disertifikasi kompetensi oleh global tech companies.

Materi pelatihan bidang Cybersecurity mengadopsi kurikulum Cisco Network Academy yang terdiri dari CCNA Security dan CCNA Cyber Ops.

Materi pelatihan CCNA Security menekankan pada teknologi utama keamanan yang terdiri dari instalasi, troubleshooting dan memonitor perangkat jaringan untuk menjaga integrity, confidentiality dan availability data dan perangkat.

Materi pelatihan CCNA Cyber Ops bertujuan untuk mengajarkan kemampuan mengamankan jaringan komputer yang sangat berguna untuk mendeteksi dan merespon ancaman keamanan siber.

Peserta pelatihan bidang Cybersecurity akan berkesempatan mendapatkan sekaligus dua sertifikasi internasional (CCNA Security dan CCNA Cyber Ops) yang mempersiapkan peserta untuk memulai karir pekerjaan sebagai analis keamanan siber (associate level) dalam bidang Security Operations Center (SOC).

Kedua sertifikasi ini telah diakui oleh Departemen Keamanan Amerika Serikat (DoD 8570.01-M) dalam kategori Information Assurance Technical (IAT) Level 2, CSSP Analyst dan CCSP Incident Responder. 

Materi Materi pelatihan bidang Cloud Computing (CC) bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peserta dalam mengelola sistem dan layanan berbasis cloud computing dengan menggunakan platform Amazon Web Service (AWS).

Secara garis besar, bidang pelatihan CC akan mengadopsi kurikulum AWS Cloud Practitioner dengan ditambah beberapa materi pilihan dari kurikulum AWS Solution Architect dan AWS SysOps Administrator.

Pada tahap awal, peserta akan diperkenalkan dengan konsep dasar cloud computing termasuk pengenalan layanan-layanan dasar AWS berikut dukungan dan komponen penghitungan biayanya (billing and pricing).

Pada tahap selanjutnya, peserta diajak untuk menyelami secara detail beberapa layanan penting dari AWS mulai dari layanan komputasi berbasis EC2 dan ECS, layanan penyimpanan berbasis EBS dan S3, layanan jaringan berbasis VPC, sampai layanan keamanan.

Peserta juga diajak untuk mempelajari mekanisme deployment layanan pada platform cloud computing berikut beberapa isu yang berkaitan seperti perencanaan arsitektural, migrasi, pencadangan (backup), pemulihan bencana (disaster recovery), scalability dan high availability.

Pada tahap akhir, peserta diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan materi yang telah diberikan dalam bentuk project berkelompok yang akan dipresentasikan pada pertemuan akhir pelatihan.

Materi Pelatihan di bidang big data analytic memberikan bekal peserta untuk menggali informasi dari sekumpulan data yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah di berbagai bidang, termasuk industri.

Secara umum, pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman peserta mengenai seluk beluk big data, mulai dari konsep dasar, pengelolaan data, serta pemrosesan dan analisis data untuk memperoleh informasi.

Peserta akan mendapatkan materi dalam bentuk teori dan praktek mulai dari konsep dasar big data, pemrograman Python untuk pengolahan data, penggunaan Hadoop sebagai ekosistem pengelolaan big data, teori statistika untuk membantu proses analisis data, serta berbagai model data mining untuk memperoleh pola-pola dari data berukuran besar.

Peserta juga mendapatkan materi layanan komputasi AWS Cloud sebagai layanan pengelolaan data dan implementasi aplikasi data mining. Evaluasi kepada peserta akan diberikan dalam bentuk proyek dan ujian tertulis. Sebagai tambahan, peserta juga akan mengikuti sertifikasi AWS Certified Cloud Practitioner.

Materi pelatihan bidang Internet of Things (IoT) memberikan bekal peserta untuk mengembangkan aplikasi berbasis IoT dan menstimulus lahirnya perusahaan start up berbasis IoT dari para peserta. Pelatihan IoT ini secara garis besar bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada peserta dalam perancangan sistem dan aplikasi berbasis IoT.

Peserta dibekali dengan teori dan praktik untuk membangun infrastruktur IoT sederhana mulai dari node device yang berfungsi sebagai sensor dan aktuator, gateway sebagai jembatan komunikasi ke internet dan IoT platform sebagai penyedia layanan penyimpanan serta pengelolaan data.

Khusus bagian IoT platform, secara khusus diperkenalkan teknologi cloud AWS yang menyediakan layanan cukup lengkap untuk mendukung implementasi aplikasi berbasis IoT. “Peserta berkesempatan mendapatkan sertifikat keahlian AWS Cloud Practitioner yang diakui secara internasional,” terang Ketua Pelaksana Digital Talent Scholarship Tahun 2019 Univeritas Brawijaya, Ir Heru Nurwarsito, M.Kom. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES