Peristiwa - Daerah

Dinsos DKI Jakarta Razia PMKS di Ibu Kota

Dinsos DKI Jakarta Razia PMKS di Ibu Kota Ilustrasi PMKS (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)
Kamis, 16 Mei 2019 - 10:03

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah mengatakan akan mengerahkan 439 personel guna melakukan operasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di lingkungan DKI Jakarta.

Irmansyah menuturkan bahwa ratusan personel tersebut nantinya akan disebar di beberapa titik-titik.

"Operasi itu sudah berjalan. Ada 279 titik pemantauan, dan kita mempunyai 439 personel yang ditugaskan. Jadi memang operasi seperti ini tak hanya berjalan di Bulan Ramadhan saja, tapi sudah menjadi keseharian kami," ujar Irmansyah kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Lebih lanjut, Irmansyah mengaku bahwa dalam melakukan operasi ini pihaknya bersama para personel tanpa adanya persiapan khusus. 

Sebab, Dinsos DKI Jakarta gencar menggelar operasi penertiban PMKS jauh sebelum bulan Ramadhan tiba dan telah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan.

Selain itu, Irmansyah menjelaskan  beberapa lokasi yang paling banyak menjadi tempat mangkal PMKS tersebut diantaranya seperti masjid, maupun tempat-tempat yang penuh keramaian.

"Nah nantikan juga ada Jakarta Fair tuh, di bulan puasa ini ada Jakarta Fair sekitar tanggal dua puluhan saya juga belum tahu pasti, nah di sana biasanya banyak tuh. Pada suka disana juga," jelasnya.

Selain itu, Irmansyah mengatakan bahwa para PMKS yang terjaring operasi Dinsos tersebut akan dibawa ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) 1 ataupun PSBI 2 guna mendapatkan pembinaan. Setelah diketahui persis permasalahan barulah dilakukan tindak lanjut atas PMKS tersebut. Diantaranya ada yang dipulangkan ke kampung halaman, ke keluarga, ataupun dibina di panti sosial tersebut.

"Ya hasil penjangkauan, dikirim ke panti PSBI 1 dan 2, setelah di assesment mereka ada yang dirujuk ke keluarga, dipulangkan ke daerah asal dan di bina di panti sesuai jenis permasalahannya apa," katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Pusat berhasil menjaring 52 Penyandangan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) selama Ramadhan di wilayahnya.

Jumlah ini diperoleh dari operasi yang dilakukan mulai tanggal 6 Mei sampai 14 Mei 2019. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration