Gaya Hidup

Ingin Rambut Sehat dan Indah? Coba Konsumsi Makanan Sehat Ini

Kamis, 16 Mei 2019 - 03:13 | 109.65k
ILUSTRASI - Rambut Sehat dan Indah (FOTO: shutterstock)
ILUSTRASI - Rambut Sehat dan Indah (FOTO: shutterstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTARambut sehat tidak hanya diperoleh melalui perawatan rambut dari luar. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat untuk mendapatkan rambut sehat impian Abda. Walaupun terlihat sederhana, mengonsumsi makanan sehat bergizi penting dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat. Apa saja makanan pendukung rambut sehat?

Dilansir dari Alo Dokter, berikut berbagai makanan sehat yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan rambut sehat.

1. Pisang

Rambut yang tebal dan berkilau merupakan salah satu tanda rambut sehat. Dengan mengonsumsi pisang, rambutmu akan tampak lebih tebal, berkilau, dan bebas dari kerontokan. Hal ini adalah berkat kandungan vitamin B6 yang tinggi dalam buah pisang.

2. Jambu biji

Rutin mengonsumsi jambu biji bisa membantumu terhindar dari kerusakan rambut lho. Ini karena vitamin C yang terkandung dalam jambu biji memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi rambut dari radikal bebas penyebab rambut rusak.

3. Alpukat

Buah yang nikmat dikonsumsi baik secara langsung maupun dijadikan jus ini bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Vitamin E yang terkandung dalam alpukat dapat menjaga rambut tetap kuat, sehingga terhindar dari kerontokan dan kerusakan.

4. Ubi

Ubi kaya akan beta-karoten, yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini akan mendorong produksi sebum yang dapat menjaga kelembapan rambut. Selain itu, vitamin A juga akan membuat rambut lebih cepat tumbuh dan lebih tebal, sekaligus mencegah rambut rontok.

5. Bayam

Bayam memiliki manfaat untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan folat yang bermanfaat untuk mencegah kerapuhan rambut.

6. Daging ayam

Kekurangan asupan protein dalam tubuh dapat meningkatkan risiko rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mengonsumsi daging ayam yang kaya akan protein. Makanan lain yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber protein adalah telur ayam.

7. Kayu manis

Anda bisa mengonsumsi kayu manis yang diyakini berguna untuk melancarkan peredaran darah, termasuk di area kepala. Bila aliran darah di area kepala lancar, oksigen dan nutrisi dapat tersebar ke setiap helai rambut. Dengan begitu, rambutmu akan senantiasa sehat.

Cobalah memasukkan berbagai makanan sehat di atas ke dalam menu harian, untuk memperoleh rambut sehat. Jika ingin mengetahui pilihan makanan lainnya yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut, Anda bisa berkonsultasi ke dokter gizi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES