Kuliner

Jamu Sinom Tradisional di Probolinggo, Enak untuk Buka Puasa

Sabtu, 11 Mei 2019 - 14:25 | 4.33m
Jamu sinom herbal yang diproduksi Mama Mey, di Paiton, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Jamu sinom herbal yang diproduksi Mama Mey, di Paiton, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Minuman yang segar-segar biasanya sangat dinantikan ketika buka puasa saat bulan Ramadhan. Nah, bicara soal minuman yang segar, jamu sinom tradisional khas Kabupaten Probolinggo, mungkin sangat cocok untuk buka puasa.

Sinom herbal yang diproduksi Mama Mey, di Desa Plampang, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, menyajikan rasa yang nyaman dan menyegarkan, untuk dikonsumsi saat berpuasa, maupun di hari-hari biasa. Anda yang suka jamu sinom, bisa langsung pesan dan berkunjung ke tempat produksinya di jalan raya Pakuniran, Paiton.

Bagi anda penyuka atau hobi minum jamu sinom, tentu sudah mengetahui rasa dan kesegarannya, begitupula manfaat dari sinom itu. 

Apa itu sinom? Sinom adalah ramuan herbal berupa minuman berbahan daun asam. Biasanya ramuan herbal selalu memiliki rasa yang tidak enak dan pahit. Namun minuman yang satu ini memiliki rasa yang cukup nikmat.

Sinom sendiri tidak hanya terbuat dari daun asam saja, namun dari beberapa campuran bahan alami, seperti kunyit dan asam jawa. Rempah atau bahan dasar tersebut direbus menjadi satu dan akhirnya terciptalah sinom. Namun, cara membuatnya tidak sembarangan, diperlukan teknik khusus agar khasiat sinom serta rasanya tidak berkurang.

Sinom akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Tidak sedikit orang yang sangat gemar mengonsumsi es sinom.

Sinom ternyata juga kaya akan menfaanya. Ini manfaat mengkonsumsi jamu sinom

1. Antiseptik

Bagi Anda yang sedang merasakan demam atau meriang, sinom ini memang menjadi andalan yang tidak ada salahnya dikonsumsi. Sebab, manfaat sinom dipercaya memiliki kandungan antiseptik yang bisa mengatasi gejala demam. Selain itu, rasanya yang nikmat juga akan membuat Anda tidak mual saat mengonsumsinya.

2. Antioksidan alami

Seperti diketahui, antioksidan memang sangat berguna dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Jika Anda termasuk sebagai orang dengan kesibukan yang padat, maka sebaiknya sering-seringlah mengonsumsi sinom agar tubuh menjadi kebal terhadap ancaman penyakit.

3. Mengatasi masuk angin

Khasiat sinom juga bisa mengatasi masuk angin, perut begah, mual, dan pusing. Selain itu, banyak juga yang menggunakan sinom sebagai obat alami untuk terapi penyakit lambung.

4. Mengurangi nyeri saat haid

Ketika sedang haid, wanita pasti akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa pada bagian perutnya. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi sinom. Sebab, khasiat sinom dipercaya bisa membuat haid menjadi lancar sehingga rasa nyeri tidak terlalu kuat tekanannya.

5. Mengobati sembelit

Jika Anda mengalami sembelit, maka sinom adalah jamu yang tepat untuk Anda. Jadi, Anda dapat menggunakannya sebagai obat rumahah untuk masalah pencernaan. Sebaiknya meminum sinom dengan sedikit gula, atau bahkan tidak menggunakan gula sama sekali.

Flavonoidnya yang terkandung dalam obat alami ini juga memiliki manfaat lain sebagai antiradang sehingga sinom dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, peradangan dan nyeri sendi serta menyembuhkan batuk dan demam.

6. Kontrol gula darah

Khasiat sinom dapat mengandalikan kadar gula dalam darah. Konsumsilah sinom secara rutin menjadikan kadar gula darah Anda normal.

7. Menutunkan tekanan darah

Manfaat sinom dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sinom diketahui dapat melancarkan peredaran darah. Obat herbal ini sangat cocok bagi mereka yang menderita hipertensi.

8. Melancarkan pernapasan

Bila Anda menderita penyakit asma, sinom adalah obat herbal yang tepat untuk mengobatinya. Manfaat sinom dapat melancarkan saluran pernapasan.

Selain daun asam yang bermanfaat untuk kesehatan, buah asam Jawa pun tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Asam Jawa

1. Menutunkan berat badan

Berat badan adalah masalah yang kebanyakan orang hadapi. Asam jawa dengan segala manfaatnya juga membantu dalam menurunkan berat badan. Ada enzim dalam tubuh yang menyimpan lemak dan asam hidroksisitrat  (HCA) yang ada di asam dapat mencegahnya. Ini juga membantu menekan nafsu makan karena meningkatkan neurotransmitter serotonin.

2. Membantu perkembangan otot dan saraf

B kompleks yang terkandung dalam asam dalam bentuk tiamin dikenal dapat meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengembangkan otot yang lebih kuat. Ini mengarah pada tubuh dan fungsi yang sehat dan kuat.

3. Pencegahan ulkus

Hanya sistem pencernaan yang sehat yang akan membantu menyerap nutrisi secara maksimal. Ulkus dapat dicegah dengan asam Jawa secara teratur. Ekstrak biji asam mengandung senyawa yang menghambat terjadinya bisul.

4. Mencegah kanker

Kanker disebabkan karena pertumbuhan sel-sel yang berkembang pada radikal bebas. Sebagai pembangkit energi antioksidan, asam Jawa akan meningkatkan antioksidan di dalam tubuh dan menghilangkan sel kanker.

5. Antihistamin

Asam jawa juga membantu melawan pilek dan flu. Ini biasanya disebabkan oleh alergi atau infeksi virus. Namun, asam Jawa memiliki sifat antihistamin yang membantu mencegah serangan asma dan jenis pilek dan flu lainnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES