Senin, 23 September 2019
Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Ini Cara Vokasi UB Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Berskala Internasional

Ini Cara Vokasi UB Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa Berskala Internasional (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Jum'at, 10 Mei 2019 - 07:55

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Brawijaya Malang atau UB telah meluncurkan program perkuliahan dengan sistem 3 in 1. Program yang diluncurkan sejak tahun 2018 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, penguatan branding dan pemeringkatan UB di kancah Internasional.

Teknis program perkuliahan dengan program 3 in 1 adalah setiap satu mata kuliah akan diajarkan oleh satu dosen internal UB yang mengajar secara reguler, satu dosen dari luar negeri dan satu dosen dari kalangan praktisi.

Untuk mendukung program tersebut, Pendidikan Vokasi UB menyelenggarakan program 3 in 1 yang diselenggarakan dari tanggal 30 April 2019 hingga 3 Mei 2019.

Vokasi-UB2.jpg

Dosen asing yang memberikan perkuliahan berasal dari Universiti Sains Malaysia yaitu Dr. Shankar Karuppayah, Senior Lecturer di National Advanced IPv6 Centre, dengan memberikan materi perkuliahan yang bersifat kekinian di era industry 4.0.

Sedangkan pengajar dari kalangan praktisi yaitu Ardi Imawan,S.Kom.,MSc, CEO PT.Digdaya Olah Teknologi (DOT) Indonesia, yang mengajar materi perkuliahan tentang aplikasi praktis di dunia industri.  

Pembukaan kegiatan 3 in 1 Vokasi UB ini dibuka Dr.Ir.Darmawan Ockto S.,M.Si selaku Ketua Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah tamu dengan pembicara Dr.Shankar Karuppayah yang mengusung tema “Importance of Data Analytics in The Era of Industry 4.0”.  

Vokasi-UB3.jpg

Antusias peserta sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari peserta yang hadir tidak saja berasal dari PS.Teknologi Informasi tetapi berasal juga dari program studi yang lain yaitu dari PS.Manajemen Perhotelan, PS.Kesekretariatan, PS.Keuangan dan Perbankan.

Sekitar 120 mahasiswa menghadiri acara tersebut. Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan menarik bagi mahasiswa, mengingat pentingnya pengelolaan data dan analisis data untuk menunjang aktivitas di dalam sebuah organisasi sehingga mahasiswa dapat meningkat pengetahuan dan ketrampilan dalam pengolahan data di era industri 4.0.

Materi yang disampaikan di kuliah tamu diatas merupakan pengantar untuk materi perkuliahan oleh dosen asing dan praktisi. Adapun bentuk perkuliahan 3 in 1 selanjutnya dilakukan dalam bentuk hand-on workshop khusus untuk mahasiswa Prodi Teknologi Informasi yang mana dosen asing tersebut memberikan materi  “Data Analytic With Phyton”.

Sedangkan dosen praktisi menyampaikan materi tentang ”Aplikasi pengelolaan data berbasis web”. Selain kegiatan belajar mengajar, di sela-sela kegiatan 3 in 1 juga dilakukan diskusi kerjasama riset antara Vokasi UB dengan USM. (*)

Jurnalis : Agung Budi Leksono (CR-106)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration