Kuliner

Rutin Makan Cincau saat Berbuka, Ini Manfaat yang Didapat

Jumat, 10 Mei 2019 - 12:22 | 375.94k
Es Cincau Ijo. (FOTO: Liputan6)
Es Cincau Ijo. (FOTO: Liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTACincau salah satu makanan yang banyak dicari saat Ramadhan tiba. Ya makanan mirip agar-agar ini kerap dijadikan campuran es untuk takjil.

Jika Anda sering mengkonsumsi cincau saat berbuka, Anda patut beryukur. Sebab cincau sangat baik untuk kesehatan.

Nah berikut manfaat cincau yang sudah dirangkum TIMES Indonesia

1. Melancarkan pencernaan

Cincau dapat melancarkan pencernaan, karena kandungan seratnya yang baik bisa membantu mengeluarkan sampah dan racun di dalam sistem pencernaan. Tak hanya itu, Kandungan vitamin B dan C dalam cincau juga mampu mencegah diare atau meredakan gejalanya.

2. Menjaga berat badan

Cincau terbuat dari daun cau yang tak mengandung kalori. Jadi aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang berdiet. Ingat makanlah cincau murni ya jangan ditambahkan susu atau gula. Karena dua bahan itu biangnya kegemukan. Jika menginginkan rasa Anda dapat tambahkan sedikit madu.

3. Menetralkan asam lambung dan menurunkan suhu tubuh

Makan cincau paling baik saat perut kosong karena membuat tubuh terasa lebih dingin karena memiliki kandungan tentradine, alkaloid, falavonoid dan saponin yang efeknya memang memberi kenyamanan pada pencernaan setelah seharian puasa dan menumbuk asam lambung tinggi di perut.

4. Menjaga tekanan darah dan kolesterol

Cincau juga sangat baik menjaga tekanan darah dan kolesterol. Itu karena cincau rendah kalori, sehingga bisa menyeimbangkan kolesterol dari makanan lain yang dikonsumsi saat buka puasa seperti gorengan dan makanan bersantan.

5. Menurunkan berat badan

Karena seratnya yang tinggi dan rendah kalori, cincau bisa menjaga berat badan selama menjalani puasa dan menjaga agar kita tidak makan berlebih saat buka puasa. Cincau membuat perut kenyang lebih lama sehingga menahan diri tidak makan terlalu banyak.

6. Mencegah Diabetes

Cincau memiliki kandungan klorofil dan bisbenzilsokuinolin yang mampu menyerap gula dan menjaga kadar insulin tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes dan bisa mencegah diabetes.

7. Mencegah kanker

Cincau ternyata juga bersifat anti karsinogenik, mengandung antioksidan tinggi seperti S-S tetandrin dan isokandrodendrin yang membantu menjaga sel-sel sehat organ tubuh, terutama hati, perut dan ginjal.

Wow, rupanya cincau ini patut dijadikan menu takjil selama Ramadhan ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES