Gaya Hidup

Tips Aman Minum Kopi saat Puasa Ramadhan

Jumat, 10 Mei 2019 - 06:16 | 75.37k
Minum kopi. (stokpic pixabay)
Minum kopi. (stokpic pixabay)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi pecinta kopi, seharian menahan diri untuk tidak menghirup aroma dan minum kopi adalah ujian berat saat puasa Ramadhan. Bagi sebagian orang, mereka langsung minum kopi begitu waktu buka tiba. Sebenarnya minum kopi saat puasa tidaklah dilarang. Namun, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal agar tubuh tetap sehat selama puasa meski minum kopi.

Saat terbaik untuk menikmati kopi selama bulan puasa adalah sekitar 1-2 jam setelah waktu buka puasa. Hal tersebut disebabkan karena pada sekitar 1-2 jam setelah berbuka, lambung sudah kembali berada dalam kondisi terisi.

Untuk tetap bisa menikmati kopi setelah berbuka puasa, dianjurkan juga untuk memilih jenis kopi yang rendah kadar kafein. Jika sulit mendapatkannya, Anda dapat mengakalinya dengan menambahkan lebih banyak air, susu rendah lemak, atau susu almon pada kopi Anda.

Tapi perlu diketahui, kafein dalam jumlah rendah bukan berarti Anda benar-benar terbebas dari efek samping kopi. Ada beberapa orang yang lebih sensitif terhadap kafein, bahkan hanya dengan mengonsumsi 1-2 gelas saja sudah dapat langsung merasakan efek sampingnya.

Selain itu, masih ada faktor-faktor lainnya yang membuat seseorang jadi lebih sensitif terhadap kafein, seperti berat badan, usia, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, dan kondisi kesehatan tertentu.

Setelah melihat fakta-fakta di atas, memang ada baiknya Anda lebih berhati-hati dalam minum kopi saat puasa. Tapi, selama Anda dapat membatasi diri dan setelah waktu buka puasa sedikit bersabar, keharuman kopi tetap dapat Anda nikmati dengan nyaman selama Ramadhan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES