Pendidikan

Mobil Listrik Karya Mahasiswa Yogyakarta Juara Umum di Formula Racing Champion

Rabu, 08 Mei 2019 - 23:16 | 70.07k
Mobil listrik karya mahasiswa ITNY. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Mobil listrik karya mahasiswa ITNY. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) telah menunjukan kualitasnya. Terbukti, diantara para mahasiswanya meraih posisi juara umum dalam ajang bergengsi nasional Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI),  Formula Racing Champion Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Acara tersebut berlangsung pada 25 April  hingga 5 Mei 2019 di Jakarta Expo Kemayoran, Jakarta.

"Setelah melalui berbagai persiapan dan kompetisi, tim ITNY meraih juara," kata Humas ITNY, Ridayati kepada TIMES Indonesia, Rabu (8/5/2019).

Menurutnya, pada perlombaan tersebut ITNY mengirim satu mobil listrik karya mahasiswanya. Mobil listrik dinamai Speeder Expert dan  berhasil meraih juara 2 Skidpad, juara 2 Endurance, juara 3 Acceleration serta juara umum.

"Prestasi yang diraih oleh Tim Mobil Listrik ITNY ini merupakan prestasi perdana yang ditorehkan setelah STTNAS bertransisi menjadi ITNY," terangnya.

Rektor ITNY, Dr Ir Ircham mengatakan, ITNY mendukung penuh upaya Tim Mobil Listrik Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) untuk mampu berkiprah di kompetisi Nasional maupun Internasional.

Tim Mobil Listrik ITNY sebagai salah satu unit kegiatan unggulan di ITNY memang diharapkan untuk mampu menjadi wadah bagi para mahasiswa khususnya dalam mewujudkan inovasi-inovasi teknologi yang berkaitan dengan riset mobil listrik.

"Support dari kampus memberikan semangat HMTM untuk lebih menggiatkan Tim Mobil Listrik Speeder Expert  ITNY," kata Ircham.

Tim kali ini  beranggotakan Bayu Chandra Pratama, Muhammad Irmansyah, Sembodo Rillo Pambudi, Saiful Aziz, dan dan Nur Cholis Budi S sebagai Driver. Tim Mobil Listrik ini juga merupakan hasil kerjasama antara Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) dan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE).

Dosen pembimbing, Dandung Rudy menjelaskan keunggulan mobil listrik ITNY dengan mobil listrik perguruan tinggi lain adalah penggunaan transmisi reduksi chain and sprocket. Tentu, dengan perhitungan yang tepat menyesuaikan kontrol yang di pakai dan berat mobil agar di dapat kecepatan dan akselerasi yang di inginkan.

Selain itu, karya mobil listrik ini menggunakan 2 buah motor high speed, dilengkapi turbo booster dan 4 buah kapasitor untuk penstabil tegangan disaat terjadi drop tegangan pada accu.

"Keikutsertaan pada ajang Formula Racing Champion IIMC 2019 tersebut didorong oleh semangat Tim Mobil Listrik ITNY untuk berkontribusi pada pengembangan riset pada teknologi mobil listrik sekaligus ingin memberikan kebanggaan kepada almamater ITNY dan bangsa Indonesia," jelas Rudy. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES