Gaya Hidup

Tips Ampuh Mengatasi Bau Mulut saat Puasa Ramadhan

Rabu, 08 Mei 2019 - 01:27 | 125.35k
Ilustrasi - Tips mengatasi bau mulut saat puasa (FOTO: idnjurnal)
Ilustrasi - Tips mengatasi bau mulut saat puasa (FOTO: idnjurnal)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memasuki bulan Ramadhan, Anda mungkin saja mengalami berbagai masalah pada mulut. Mulai dari bibir pecah-pecah hingga bau mulut. Untuk itu, Anda butuh cara yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi bau mulut saat puasa.

Anda bisa mencoba tiga cara cepat dan ampuh untuk menghilangkan bau mulut saat puasa berikut ini, dilansir dari Hello Sehat.

1. Berkumur dengan mouthwash

Banyaknya bakteri di mulut dapat menimbulkan bau mulut. Anda dapat menghilangkan bakteri ini dengan berkumur menggunakan mouthwash.

Sebaiknya gunakan mouthwash tanpa alkohol dan pastikan bahwa obat kumur yang Anda gunakan dapat membunuh bakteri di mulut. Berkumur secara rutin untuk menghilangkan bau.

2. Sikat gigi

Setelah sahur, jangan lupa sikat gigi Anda secara menyeluruh. Pastikan Anda menjangkau seluruh bagian dalam mulut, termasuk sela-sela gigi. Hal ini baik untuk mencegah sisa makanan tersangkut di mulut dan jadi tempat bakteri berkembang biak.

Sikat gigi di siang atau sore hari juga bisa jadi cara menghilangkan bau mulut saat puasa kalau benar-benar diperlukan.

Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman kalau harus sikat gigi dengan pasta gigi saat puasa. Maka cukup basahi sikat gigi dengan air saja, tak perlu pakai pasta gigi.

3. Bersihkan lidah

Lidah Anda juga bisa jadi sarang bakteri sehingga muncul bau mulut. Bila Anda merasa napas jadi tak sedap, Anda bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah.

Ini juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau mulut saat puasa Ramadhan. Anda tidak perlu pakai pasta gigi atau air untuk membersihkan lidah. Akan tetapi, pastikan alat pembersih lidah Anda selalu dalam keadaan higienis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES