Peristiwa Daerah

Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 Kabupaten Blitar Lampui Target Nasional

Jumat, 03 Mei 2019 - 15:14 | 112.51k
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar Imron Nafifah (Foto : Sholeh/TIMES Indonesia)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar Imron Nafifah (Foto : Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifah mengatakan jumlah partisipasi pemilih Pemilu 2019 Kabupaten Blitar, Jawa Timur memenuhi target nasional. Tingkat partisipasi pemilih di bumi Amazing Blitar mencapai 81,2 persen. Capaian itu,menurutnya merupakan partisipasi tertinggi dari sejarah pemilu di Kabupaten Blitar.

"Pemilihan Bupati, Gubernur, Presiden dan Wakil Presiden 2014 itu hanya ada di kisaran 75 persen," katanya, Jumat (3/5/2019).

Imron menjelaskan, hubungan baik yang sudah terjalin antara KPU dengan masyarakat, [emerintah dan stakeholder di Kabupaten Blitar perlu ditingkatkan kembali agar partisipasi masyarakat ini menjadi meningkat di pemilu yang akan datang.

"Bukan hanya kerja keras dari KPU tetapi semua pihak yang telah membantu atau demi tercapainya partisipasi sampai 81,2 itu," tambahnya.

Menurut Imron, bentuk andil besar Pemkab Blitar sehinga tercapai target itu adalah dengan membentuk tim fasilitasi yang tugasnya diantaranya membantu sosialisasi. Juga, Pemkab Blitar melakukan sosialisasi melalui kesbang mulai dari pendidikan pemilih pemula kepada pemilih perempuan kepada masyarakat juga mengundang LSM dan tokoh agama.

"Peran pemerintah sangat bagus untuk memfasilitasi penyelengara baik kpu maupun Bawaslu. Belum tentu tim ini ada di Kabupaten lain. sekali lagi terima kasih kepada pak Bupati," urai Imron Nafifah Ketua KPU Kabupaten Blitar(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES