Adv

Wali Kota Kediri: Hardiknas untuk Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan

Kamis, 02 Mei 2019 - 11:23 | 71.95k
Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kota Kediri. (FOTO: Canda Adisurya/TIMES Indonesia)
Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kota Kediri. (FOTO: Canda Adisurya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati  setiap tanggal 2 Mei di seluruh wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Kota Kediri. Peringatan Hardiknas dipusatkan Balai Kota Kediri, Kamis (2/5/2019) dan diikuti mulai Wali Kota Kediri. Pelajar, ASN, jajaran kepolisian, TNI dan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Walik Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membacakan amanat dari Mendikbud di hadapan seluruh peserta upacara.

Kediri-Hardiknas-2.jpg

Wali Kota Kediri menyampaikan bahwa dalam lima tahun terakhir, pemerintah fokus melakukan pembangunan infrastruktur seperti prasarana transportasi darat, laut maupun udara. Karena memiliki infrastruktur yang baik merupakan prasyarat untuk menjadi negara maju.

Di sisi lain, pemerintah juga memulai pembangunan dari kawasan terluar. Hal ini penting, untuk mempertegas kehadiran dan kedaulatan negara. Merespon hal itu, Kemendikbud telah memberi perhatian terhadap kualitas pendidikan di daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T), bahkan kepada keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak Malaysia.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Kediri menyampaikan saat ini perhatian pemerintah mulai bergeser dari infrastruktur ke sumber daya manusia (SDM). Dalam membangun SDM, Kemendikbud menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik, terampil dan cakap memasuki dunia kerja.

“Semua ini, tentunya membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat maupun daerah,” ujarnya.

Kediri-Hardiknas-3.jpg

Dalam sambutannya, Wali Kota Kediri berharap, peringatan Hari Pendidikan Nasional ini bukan sekedar seremoni belaka, tetapi juga menjadi momentum mewujudkan misi Kemenristekdikti dan Kemendikbud dalam memajukan pendidikan di bumi pertiwi ini.

Seusai upacara, Wali Kota Kediri beserta Forkopimda Kota Kediri menyerahkan sertifikat penghargaan kepada 49 siswa berprestasi Kota Kediri tingkat nasional dan provinsi. Setelah itu dilanjutkan dengan unjuk gelar dari SMP Pawyatan Daha 1.

Hadir dalam upacara ini pula, Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, Dandim 0809 Letkol Kav Dwi Agung, Ketua DPRD Kota Kediri Kholifi Yunon, Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Neki Budwi Sunu, perwakilan Kantor Imigrasi, perwakilan Kejaksaan Kota Kediri, perwakilan BPJS Kesehatan, Kepala OPD, serta perwakilan dari GOW Kota Kediri.

Sebagai informasi, peringatan Hardiknas ini diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantara tokoh pahlawan nasional sekaligus bapak pendidikan nasional. Adapun peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mengambil tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. (adv)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES