Peristiwa - Internasional

Hari Ini Kaisar Akihito Turun Tahta 

Hari Ini Kaisar Akihito Turun Tahta  Kaisar Jepang Akihito. (FOTO: Okezone)
Selasa, 30 April 2019 - 10:58

TIMESINDONESIA, JEPANG – Kaisar Jepang Akihito turun takhta pada hari ini, Selasa (30/4/2019). Kaisar Akihito akan melepas Takhta Krisan melalui suatu upacara yang khidmat.

Kaisar Akihito yang kini berusia 85 tahun akan menyerahkan tahta kepada putra sulungnya, Pangeran Mahkota Naruhito yang berusia 59 tahun.

Disebutkan, hari ini akan menjadi awal dimulainya era "Reiwa" kekaisaran baru  Jepang yang berarti "harmoni yang indah." 

Pengunduran diri Kaisar Akihito ini merupakan momen bersejarah. Hal itu ditandai dengan libur selama 10 hari yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dikutip dari ChannelNewsAsia, Selasa (30/4/2019), hari libur khusus itu sekaligus menandai bahwa kaisar baru akan bergabung dengan perayaan tradisional "Minggu Emas" mulai bulan Mei besok.

Dijadwalkan tepat pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 15:00 WIB, Kaisar Akihito secara resmi mundur dalam upacara selama 10 menit di aula "Matsu-no-Ma".

Pada 2016 lalu, Kaisar Akihito mengumumkan bahwa dirinya ingin menyerahkan Tahta Krisan karena alasan usia dan masalah kesehatan. Akihito dirawat karena mengalami kanker prostat dan juga telah menjalani operasi jantung. (*)

Jurnalis :
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Loading...
Registration