Adv

Gerak Jalan Kreasi Berkebaya Meriahkan Hari Kartini di Kediri

Sabtu, 27 April 2019 - 15:14 | 126.12k
Pemenang peserta gerak jalan kreasi terima hadiah. (FOTO: Istimewa)
Pemenang peserta gerak jalan kreasi terima hadiah. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, KEDIRIPemkot Kediri menggelar lomba Gerak Jalan Kreasi, untuk memeriahkan Hari Kartini. Kegiatan yang digelar di Balai Kota Kediri, Sabtu (27/4/2019) berlangsung meriah dengan peserta menampilkan yel-yel maupun gerakan yang unik dan kreatif.

Lomba ini diikuti 38  perwakilan yang terdiri dari TP PKK Kota Kediri, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, GOW Kota Kediri, dan perwakilan perhotelan di Kota Kediri, Jawa Timur. Gerak Jalan Kreasi ini mengambil start dan finish di Balaikota Kediri dengan rute JalanBasuki Rahmat  - Jalan Brawijaya – Jalan. May.Jend Sungkono – Jalan. Diponegoro – Balai Kota Kediri.

peserta-gerak-jalan2.jpg

Plh Wali Kota Kediri Budwi Sunu mengungkapkan lomba gerak jalan kreasi ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Kartini yang diisi dengan berbagai kreasi dari peserta. Selain itu juga untuk memasyarakatkan olah raga.

“Saya senang sekali melihat semangat mereka. Tentunya kita juga berterima kasih kepada para peserta atas antusiasnya yang sungguh luar biasa,” ujarnya.

Menurut Budwi Sunu, peringatan Hari Kartini merupakan titik balik dari perjuangan R.A Kartini. Dimana R.A Kartini memperjuangkan persamaan hak kaum wanita.

“Kita semua harus bersyukur dengan adanya peringatan Hari Kartini. Bahkan sekarang wanita bisa menempati beberapa jabatan strategis baik di Pemerintah, TNI, Polri, maupun swasta. Ini semua yang patut kita syukuri,” jelasnya.

Budwi Sunu menjelaskan perjuangan Kartini masa kini sangat berbeda, tentunya semangatnya pun juga berbeda.

peserta-gerak-jalan3.jpg

“Kartini dulu tidak bisa bebas menyampaikan pendapatnya dan tidak bisa mengekspresikan keinginannya. Dan itu kehebatan Kartini bisa mendobrak itu. Tentunya wanita sekarang harus bisa meneladani dan meneruskan perjuangan Kartini,” ucapnya.(*)

Sementara itu, Nina salah satu peserta Gerak Jalan Kreasi dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kediri mengatakan senang dan bangga bisa berpartisipasi dalam lomba tersebut. “Kita sangat bangga sekali bisa mengikuti gerak jalan kreasi peringatan Hari Kartini. Semua berjalan sukses dan lancar. Semoga kita bisa menjadi juara,” jelasnya.

Pemenang dalam lomba ini dinilai dari beberapa aspek. Diantaranya, kreativitas, semangat dan ekspresi, kekompakan dan ketahanan fisik, serta keunikan kostum.

Keluar sebagai juara I Dinas Pendidikan tingkat TK, juara II Dinas Pendidikan tingkat SD, juara III Dinas Pendidikan tingkat SD, juara harapan I Perwosi, juara harapan II DWP Kota Kediri, dan juara harapan III Kelurahan Banjarmlati. Sementara untuk kategori regu favorit diraih oleh Kelurahan Singonegaran, kategori kostum terunik diraih Hotel Lotus Garden, kategori istimewa tertua diraih Piveri, kategori istimewa tradisional diraih Wanita Khatolik dan kategori istimewa budaya diraih FKPUB.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua DWP Kota Kediri Nekky Rahmiyati Budwi Sunu, perwakilan Forkopimda Kota Kediri, perwakilan TP.PKK Kota Kediri, dan para OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kediri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES