Peristiwa - Daerah

Jumlah Petugas Penyelenggara Pemilu yang Gugur Mencapai 230 Orang

Jumlah Petugas Penyelenggara Pemilu yang Gugur Mencapai 230 Orang (Grafis: TIMES Indonesia)
Jum'at, 26 April 2019 - 20:09

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jumlah petugas penyelenggara pemilu yang gugur hingga hari ini, Jumat (26/4/2019) pukul 18.00 WIB mencapai 230 orang. Para pahlawan tersebut meninggal dunia disaat menjalankan tugas demokrasi.

"Kemudian yang sakit dilaporkan sudah mencapai 1.761 orang. Bukan 1.671," kata Ketua KPU RI, Arief Budiman di kantornya, Jl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Arief menyebut, untuk dana santunan yang akan diberikan pada para korban tersebut akan diproses secepatnya. Dirinya juga telah meminta petugas di jajaran KPU Kabupaten/Kota untuk segera melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar pemberian santunan tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

"(Agar) tidak diberikan kepada pihak yang salah ya," tukasnya.

Untuk jumlah santunan yang akan diberikan, Arief mengaku masih menunggu keputusan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu RI).

Namun, selain dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi hingga masyarakat juga turut memberikan bantuan bagi para korban. Hal tersebut juga membuktikan tingginya kepedulian masyarakat terhadap musibah yang menimpa para pahlawan demokrasi tersebut.

"Jadi mudah-mudahan tidak ada penyelenggara pemilu yang tertimpa musibah, yang harusnya menerima santunan malah tidak menerima santunan. Tapi yang lainnya malah menerima santunan berlebihan. Jadi ini yang akan kita kontrol, kita pastikan, agar tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlahnya," tandas Arief.(*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration