Peristiwa Daerah

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, Pamekasan Diguncang 'Gempa'

Jumat, 26 April 2019 - 18:54 | 41.28k
BPBD Peringati hari Kesiapsiagaan bencana dengan simulasi hempa bumi di Gedung DPRD Kabupaten Pamekasan.(FOTO: akhmad syafii/TIMES Indonesia)
BPBD Peringati hari Kesiapsiagaan bencana dengan simulasi hempa bumi di Gedung DPRD Kabupaten Pamekasan.(FOTO: akhmad syafii/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Terjadi gempa bumi berkekuatan 5,5 SR, dengan kedalaman 15 km pada koordinat -7.157129,113.4696939. Personel BPBD Pamekasan langsung melakukan pemantauan lapangan untuk mengetahui dampak dari gempa tersebut dengan menyebar tim di berbagai titik.

Di saat yang hampir bersamaan, ada telpon dari anggota Trenggana Satpol PP Pamekasan yang mengabarkan ada beberapa pegawai Pemkab Pamekasan yang terjebak di antara reruntuhan tembok dan plafon serta kayu akibat gempa yang terjadi.

Selanjutnya Pusdalops PB BPBD Pamekasan menerjunkan tim kaji cepat untuk mengecek lokasi, serta kebutuhan dalam upaya penanganan baik peralatan dan sebagainya. Sementara itu personel TRC BPBD Pamekasan disiagakan sambil menyiapkan peralatan yang akan diperlukan sambil menghubungi Tim Penanggulangan Bencana lainnya.

Beberapa saat berselang, tim Assessment menghubungi Pusdalops BPBD Pamekasan untuk mengirimkan tim SAR gabungan untuk mengevakuasi korban yang terjebak di dalam Pemkab Pamekasan.

Pada saat itu tim SAR gabungan langsung diluncurkan ke TKP dan langsung melakukan evakuasi korban ke titik kumpul yang sudah disiapkan tenda dan tenaga medis. Selanjutnya juga disiagakan 2 unit ambulan 118 dari Dinkes dan RSUD Slamet Martodiwirjo Pamekasan.

Supervisor Pusdal Ops BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, mengatakan setelah 60 menit semua korban berhasil dievakuasi semua dan korban yang perlu penanganan lanjutan dikirim ke RSUD Pamekasan. Jumlah korban terdampak sebanyak 20 orang dan 10 orang membutuhkan penanganan lanjutan dan di rujuk ke rumah sakit.

"Semua itu adalah pelaksanaan simulasi penanganan gempa bumi di Kabupaten Pamekasan," ungkap Supervisor Pusdal Ops BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, Jumat (26/04/2019).

Ia menyampaikan pelaksanaan kegiatan simulasi tersebut untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019. Paling penting, kata dia, adalah meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan semua unsur yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Bencana Pamekasan.

Hadir dalam kegiatan simulasi gempa pada Hari Kesiapsiagaan Bencana, antara lain Wakil Bupati Pamekasan, Kalaksa BPBD Pamekasan, PasiOps Kodim 0826 Pamekasan, Kasat Shabara Polres Pamekasan, TRC PB BPBD Pamekasan, Kodim 0826 Pamekasan, Sabhara Polres Pamekasan. Hadir pula jajaran OPD Pemkab Pamekasan, unsur relawan dan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madura

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES