Peristiwa Daerah

Polda Jatim Benarkan Khofifah Diperiksa KPK RI Selama 4 Jam

Jumat, 26 April 2019 - 17:58 | 44.91k
Gubernur Jawa Timur saat ditemui awak media di Gedung Negara Grahadi Surabaya (FOTO: Nasrullah/TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Timur saat ditemui awak media di Gedung Negara Grahadi Surabaya (FOTO: Nasrullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan adanya pemeriksaan terhadap Gubernur Jatim, Dra. Hj Khofifah Indar Parawansa oleh KPK RI. Khofifah diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi. 

"Bahwa benar ada, pemeriksaan saksi, yang sudah dinyatakan oleh juru bicara KPK tadi malam, Pak Febri," jelasnya, Jumat (26/4/2019).

Barung menjelaskan, pemeriksaan terhadap Gubernur Khofifah dilakukan selama kurang lebih 4 jam, yakni sejak pukul 09.00 - 13.00 WIB, dan Mapolda Jatim hanya meminjamkan tempat, pemeriksaan dilakukan oleh KPK. 

"Bertempat di Tipikor, Ditkrimsus Polda Jawa Timur. Yang mana menyangkut saksi saksi yang telah ditetapkan oleh KPK," ujarnya. 

Barung tidak menyebutkan berapa pertanyaan yang harus dijawab oleh perempuan yang juga selaku Ketua PP Muslimat NU tersebut. Selain itu, Barung juga tidak membocorkan terkait substansi pemeriksaan itu. 

"Mengenai substansi pemeriksaannya, tidak ada satupun dari kami yang menyampaikan, itu adalah wewenang dari pada KPK, silahkan ditanyakan ke KPK," imbuhnya. 

Selain Khofifah, ada empat orang lainnya yang juga menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Mapolda Jatim. Namun Barung kembali melempar jawaban agar menanyakan kepada KPK. 

"Yang kami tahu adalah Ibu Khofifah Indar Parawansa, nah yang lainnya, empatnya tanyakan kepada Pak Febri (jubir KPK)," tandasnya. 

Sebelumnya, nama Khofifah Indar Parawansa disebut oleh tersangka jual beli jabatan di Kementerian Agama, yakni Romahurmuziy.  Saat itu, Romy -sapaan akrab Romahurmuziy- mengaku ada rekomendasi dari Khofifah, perihal penempatan Kepala Kanwil Kemenag. Selain Khofifah, Romy juga menyebut nama KH. Asep Syaifudin pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah, yang juga kata Romy sempat memberikan rekomendasi Kakanwil Jatim.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES