Peristiwa Daerah

BPJS Kesehatan Sumba Tengah Pantau Pendistribusian KIS

Jumat, 26 April 2019 - 17:28 | 53.44k
BPJS Kesehatan Kabupaten Sumba Tengah merealisasikan Program JKN-KIS di Desa Umbu Kawolu, Kec. Umbu Ratu Nggai, Kab. Sumba Tengah(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
BPJS Kesehatan Kabupaten Sumba Tengah merealisasikan Program JKN-KIS di Desa Umbu Kawolu, Kec. Umbu Ratu Nggai, Kab. Sumba Tengah(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMBA TENGAH – Upaya mengoptimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Kabupaten Sumba Tengah melakukan spot check Kartu Indonesia Sehat (KIS) sekaligus menyampaikan informasi langsung kepada masyarakat Desa Umbu Kawolu, Kecamatan Umbu Ratu Nggai Barat, Kabupaten Sumba Tengah NTT.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Sumba Tengah, Febronia Animan Jumat (26/4) mengatakan, spot check dilakukan untuk memastikan langsung ke peserta JKN-KIS segmen PBI JK yang belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

“Ini memastikan bahwa identitas seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat serta NIK sudah sesuai dengan data yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP),” kata Febronia.

Menurutnya, kegiatan ini, pihaknya melihat lansung apakah JKN-KIS telah diterima peserta yang namanya tercantum dalam data BPJS Kesehatan sehingga spot check yang dilakukan hari ini dengan total 30 kepala keluarga telah menerima JKN-KIS yang mana belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat.

“Jadi spot check juga kami mengedukasi peserta tentang JKN-KIS serta hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS namun kegiatan spot check kartu JKN-KIS segmen PBI JK akan terus berlanjut ke Daerah diwilayah Kabupaten Sumba Tengah,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Umbu Kawolu Stefanus P Hawana, mengapresiasi kegiatan ini karna sangat bermanfaat bagi masyarakat diwilayah ini, tentu masih banyak masyarakat belum memahami program JKN-KIS.

“Kami sangat senang karna bisa mendapat edukasi langsung dari pihak BPJS Kesehatan, ada juga salah satu warga yang  menjadi sasaran edukasi spot check, ia sangat bersyukur bersama keluarganya dijamin oleh BPJS Kesehatan, tentunya program JKN-KIS sangat bermanfaat bagi warga kurang mampu,” tutur Stefanus.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Sumba

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES