Pendidikan

Tingkatkan Kualitas, Mahasiswa Polbangtan Malang Magang di PT Indolakto

Tingkatkan Kualitas, Mahasiswa Polbangtan Malang Magang di PT Indolakto Bimtek dalam rangka magang teknis yang diikuti mahasiswa Polbangtan Malang. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Jum'at, 26 April 2019 - 16:01

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Sebanyak 30 mahasiswa Polbangtan Malang mengikuti magang teknis di PT Indolakto. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama yang dibangun oleh kedua pihak untuk meningkatkan kualitas generasi muda pertanian Indonesia.

Sebelum terjun ke lapangan, para mahasiswa diberi bimbingan teknis (bimtek) oleh PT Indolakto. Pembukaan bimtek sendiri dihadiri langsung oleh Direktur Polbangtan Malang Dr Bambang Sudarmanto dan Chief Technical Officer PT Indolakto Sonny Effendhi.

Magang-Polbangtan-2.jpg

Materi yang diberikan dalam bimtek, antara lain terkait perkembangan persusuan Indonesia, kualitas susu segar dan pengujiannya, distribusi susu segar dari peternak ke industri pengolahan susu.

"Selain itu juga materi tentang perkandangan dan cara pemerahan yang baik, penampungan dan pengiriman susu ke Pabrik, pengamatan di peternak dan koperasi, serta pemeliharaan sapi perah," ujar Wakil DIrektur Polbangtan Malang, Dr. Novita Dewi Kristanti, SPt, MSi, kepada TIMES Indonesia, Jumat (26/4/2019).

Novita menambahkan, dalam pelaksanaan magang, puluhan mahasiswa disebar di beberapa daerah. Mereka ditempatkan di peternak sapi perah dan koperasi yang ada di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

"Mahasiswa ditempatkan di wilayah sentra peternakan sapi perah terbesar di Jawa Timur," terangnya.

Kerja sama antara Polbangtan Malang dengan PT Indolakto diharapkan dapat mencetak tenaga penyuluh peternakan dan wirausaha peternakan yang baik dan berpengalaman.

Di samping itu, lanjut Novita, permasalahan peternak dan kualitas susu segar di lapangan dapat dipahami dengan benar, sehingga dapat memberikan saran perbaikan langsung dan berkelanjutan.

"Nantinya mahasiswa ikut berperan aktif dalam memberikan sumbang saran terkait pelaksanaan good farming practices yang lokasi yang ditemui," ujarnya berharap atas kerja sama yang dibangun Polbangtan Malang dan PT Indolakto dalam bentuk magang teknis ini. (*)

Jurnalis :
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration