Peristiwa Daerah

DPRD Gresik Keluarkan Rekomendasi dalam LKPJ Bupati 2018

Jumat, 26 April 2019 - 14:58 | 46.58k
Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim bersama Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menerima draft rekomendasi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim bersama Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat menerima draft rekomendasi (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIKDPRD Gresik Jawa Timur mengeluarkan beberapa rekomendasi dalam Rapat Paripurna Istimewa LKPJ (Laporan Keterangan dan Pertanggungjawaban) Bupati Gresik tahun 2018.

Rapat Paripurna Istimewa tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Moh Syafi’AM dengan didampingi Ketua Dewan Ahmad Nurhamim dan Wakil Ketua Dewan Nur Sa’idah.

Sementara Wakil Ketua Nur Qolib membacakan ke-18 rekomendasi dihadapan Bupati Sambari Halim Radianto dan seluruh kepala OPD dan Camat.

Rekomendasi pertama, dewan merekomendasikan ke Bupati agar agar menetapkan tematik prioritas pembangunan dengan lebih cermat agar komitme tema pembangunan yang tertuang RKPD dalam segi pembangunan ekonomi.

Para wakil rakyat menyoroti seputar lemahnya kinerja ekonomi daerah pada 2018. Mereka menilai, indikator kinerja ekonomi belum mencerminkan komitmen tema pembangunan “Gresik, City of Invesment Anchorages” yang tertuang dalam RKPD 2018.

Soal penerimaan pendapatan, dewan memandang PAD sebesar Rp 956,8 Miliar masih bisa lebih ditingkatkan lagi khususnya dalam sektor pajak, retribusi dan BUMD.

"Kami juga merekomendasikan ke Bupati agar memaksimalkan kebijakan RTRW industri Gresik agar pertumbuhan ekonomi mencapai target sebesar minimal 6 persen," kata Qolib.

Qolib menambahkan, selain sektor ekonomi dan pendapatan, legislatif juga memberi catatan sektor industri dan infrastruktur transportasi.

Hal itu karena Kota Pudak menjadi salah satu tujuan industri sehingga Pemkab harus melakukan inovasi dalam kebijakannya kedepan.

"Total ada 18 poin yang sudah kita bacakan dalam LKPJ ini. Ini merupakan masukan dari dewan untuk arah kebijakan kabupaten Gresik kedepan," ungkap Politisi PPP itu.

Sementara Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan ia akan mencermati semua masukan dan catatan dewan. Ia juga bersama pimpinan OPD akan mengkaji secara cermat poin-poin rekomendasi yang sudah disampaikan para wakil rakyat.

Sambari berjanji akan meminta para kepala OPD untuk tidak hanya mempelajari isi rekomendasi LKPJ Bupati melainkan juga untuk ditindaklanjuti.

“Sesuai saran dan rekomendasi anggota dewan terhormat, saya akan menerapkan reward dan punishment kepada kepala OPD yang rendah kinerja,” tegas Sambari usai LKPJ saat rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES