Ekonomi

Gubernur Jawa Timur: Bank Jatim Harus Jadi Penyangga Ekonomi Mikro

Jumat, 26 April 2019 - 13:20 | 184.49k
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Humas Pemkot Malang)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Humas Pemkot Malang)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jawa Timur Khofifah berharap Bank Jatim mampu menjadi penyangga pemerataan ekonomi mikro, dalam rangka memenuhi amanat Pembukaan UUD 1945.

Pemerataan ekonomi merupakan amanah Pembukaan UUD 1945 yang memberi pesan mewujudkan kesejahteraan umum secara adil dan merata. Oleh karena itu, Khofifah mengatakan perlu adanya pemecahan masalah pemerataan ekonomi secara strategis dan sistematis.

"Pemecahan yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan kebijakan diskriminasi harga bahan bakar minyak (BBM) dan bahan pokok masyarakat menurut keragaman tingkat inflasi masing-masing daerah," kata Khofifah di Kantor Pusat Bank Jatim, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (26/4/2019).

Khofifah mengatakan masalah pemerataan ekonomi ini juga menjadi perhatian Pemerintah Daerah.

Pemerintah Daerah juga terus berupaya melakukan peningkatan anggaran pengentasan rakyat dari jurang kemiskinan, membentuk forum pengendalian inflasi daerah untuk menahan laju peningkatan harga kebutuhan pokok masyarakat, memperkuat kemitraan antara pemerintah daerah dengan perusahaan swasta dan perusahaan negara dalam rangka perluasan penciptaan kesempatan kerja, menyusun peraturan daerah yang memberikan kermudahan aksesibilitas terbukanya lapangan usaha produktif bagi usaha berskala mikro dan kecil. 

"Dengan demikian pemerataan ekonomi terutama di daerah dapat terwujudkan secara nyata, yang berimplikasi terhadap penguatan fondasi struktur keuangan rumah tangga," katanya.

Ia menyebutkan semakin kuat struktur keuangan diharapkan akan mampu mengimbangi laju inflasi yang meningkat. Pada akhirnya harga-harga akan kembali pada posisi keseimbangan semula yang positif bagi pasar.

"Untuk itu, saya juga berharap agar Bank Jatim juga mengambil peran untuk turut serta membangun perekonomian masyarakat Jawa Timur, dengan cara memberikan sokongan terhadap perkembangan UMKM di Jawa Timur" tegas Khofifah.

Selain itu, dalam rangka menyongsong era revolusi industri 4.0 dunia perbankan juga diharapkan memiliki perhatian khusus terhadap bagaimana produk - produknya terutama Bank Jatim agar dapat selalu berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah juga berpesan agar Bank Jatim bisa membangun komunikasi antar bank daerah seperti Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) agar dapat terus meningkatkan sinergitas pembangunan di masing-masing daerah demi kemajuan bangsa kita.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES