Gaya Hidup

Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Akupresur

Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Akupresur Pelatih akupresur UPTD Kesehatan Pengobatan Tradisional, Dinkes Provinsi Bali, Wayan Sukeria, SKM. (Foto: Ivan Iskandaria/ TIMES Indonesia)
Jum'at, 26 April 2019 - 10:10

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pelatih akupresur UPTD Kesehatan Pengobatan Tradisional, Dinkes Provinsi Bali, Wayan Sukeria, SKM mengatakan sakit, sehat, nyaman atau tidak nyaman tubuh kita, yang pertamakali tahu adalah diri sendiri.

Menurutnya akan lebih bijak kalau kita sendiri yang segera merespon, memperhatikan dengan memberi sentuhan dan tekanan pada bagian yang tidak nyaman tersebut.

"Jangan biarkan berkepanjangan, menunggu dokter memberi tindakan, diri kita mampu memberikan tindakan senderhana terhadap keluhan tersebut, dengan memberi tekanan menggunakan jari tangan sebanyak 30 kali," kata Wayan Sukeria, SKM saat memberikan pemaparan kepada kunjungan lapangan tematik media Kemenkes di Kintamani, Bali (25/4/2019).

Pada kesempatan tersebut, Wayan mengajarkan 4 cara terapi sederhana terhadap keluhan Migrain (sakit kepala), Kembung, Nyeri Haid dan sesak nafas.

“Saya sendiri sudah mempraktikkan dan merasakan khasiatnya akupresure untuk ini kebugaran tubuh," ungkapnya.

Ia mengatakan tentu akan lebih baik lagi, selain menerapkan akupresur, juga melengkapi dengan mengkonsumsi ramuan tradisional yang telah dianjurkan, pastinya akan lebih bugar.

Pembentukan UPTD Kesehatan Tradisional ini merupakan implementasi dari Permenkes Nomor 15 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer. (*)

Jurnalis : Ivan Iskandaria (MG-69)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration