Senin, 23 September 2019
Ketahanan Informasi

320 Personel TNI Kodim 0824 Jember Jalani Tes Kesehatan Jasmani

320 Personel TNI Kodim 0824 Jember Jalani Tes Kesehatan Jasmani Jalannya Test Kesemaptaan Jasmani
Kamis, 25 April 2019 - 16:15

TIMESINDONESIA, JEMBER – Personel Kodim 0824 Jember menjalani tes kesehatan jasmani pada Kamis (25/4/2019). Tes tersebut dilaksanakan rutin setiap enam bulan sekali kepada setiap personel TNI yang masih aktif.

Tes tersebut diperlukan untuk mengukur standar jasmani setiap anggota TNI. Di antara materi yang diberlakukan dalam tes itu yakni pull up, push up, sit up, dan renang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Yonif Raider 509/9/2 Kostrad.

Tes-Jasmani-2.jpg

Setiap personel yang menjalani tes tersebut wajib melakukan aktivitas fisik yang telah ditetapkan. Misal, wajib lari selama 12 menit dengan jarak tempuh 3.200 meter. Kendati demikian, aktivitas tersebut juga disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan masing-masing personel.

Tes tersebut berlangsung dalam pengawasan Tim Jasmani dari Korem 083/Bdj dan Tim Kesehatan yang dipimpin oleh dr Fransica Halim dari Rumkit TK III Jember.

Fransisca menerangkan bahwa setiap personel diwajibkan memeriksakan kondisi kesehatannya serta tekanan darahnya sebelum mengikuti tes.

Menurutnya apabila tensi darahnya tinggi tidak disaran untuk melakukan latihan berat.

Tes-Jasmani-3.jpg

"Karena dapat memperparah kerja jantung yang berakibat serangan jantung, pingsan, dan resiko lainnya yang sangat membahayakan jiwa personel itu sendiri," terang dia.

Tes itu berlangsung selama dua hari, sejak hari ini hingga Jumat (26/4/2019) besok. Sebanyak 320 personel TNI mengikuti tes kesehatan di hari pertama.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit. "Dalam mendukung pelaksnaan tugas, termasuk personel yang ada di komando kewilayahan seperti Kodim 0824 ini meskipun sudah hampir pensiun, mereka diwajibkan mengikuti tes ini," ujarnya. (*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration