Peristiwa Daerah

Pokmaswas Miliki Tugas Awasi Sungai Brantas dari Pencemaran

Kamis, 25 April 2019 - 21:56 | 72.58k
Kondisi Sungai Brantas yang mengalir di Bendungan wlingi Raya kabupaten Blitar, Kamis (25/4/2019) (FOTO: Sholeh/ TIMES Indonesia).
Kondisi Sungai Brantas yang mengalir di Bendungan wlingi Raya kabupaten Blitar, Kamis (25/4/2019) (FOTO: Sholeh/ TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BLITAR – Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Sungai Kabupaten Blitar mempunyai peran penting untuk mengawasi dan menjaga kelestarian ekosistem sepanjang sungai Brantas.

Wakil ketua Pokmaswas Sungai Kabupaten Blitar Edi Cahyono mengatakan Pokmaswas bertugas untuk mengawasi sungai supaya tidak ada orang mencari ikan dengan menyetrum, memberi obat potas dan membuang sampah sepanjang di sungai Brantas.

"Kalau memancing dipersilakan, karena itu tidak merusak habitat ikan di sungai," jelasnya usai mengikuti Sarasehan Gerakan Terpadu Kali Bersih Dalam Rangka Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Air se-Dunia dan Hari Bumi di Komplek Perum Jasa Tirta Wlingi Raya Kabupaten Blitar, Kamis (25/4/2019).

Pokmaswas, dikatakan Edi terdiri dari masyarakat komunitas pemancing dan orang orang yang peduli lingkungan. "Kita sudah banyak menindak pelanggaran di sungai Brantas dan anak sungai," tambahnya.

Tidak hanya mengawasi sungai, setiap satu bulan sekali Pokmaswas melakukan bersih-bersih sungai sepanjang sungai Brantas. "Itu semua kami lakukan supaya mengurangi pencemaran yang terjadi di sungai Brantas," ujar Edi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Blitar

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES