Peristiwa - Daerah

Aneka Cara Sedekah Bumi di Gresik Smart City, Simak Satu-Satu Ya!

Aneka Cara Sedekah Bumi di Gresik Smart City, Simak Satu-Satu Ya! Warga saat mengirim tumoeng ke Makam Leluhur (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Kamis, 25 April 2019 - 21:41

TIMESINDONESIA, GRESIK – Tradisi sedekah bumi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur terus dilestarikan. Para warga kota Gresik Smart City melakukan dengan cara bermacam-macam. mulai dari kirim doa ke leluhur hingga melakukan ritual makan bersama yang sudah didoakan dengan harapan mencari keberkahan.

Seperti yang terjadi di Dusun Perengkulon, Desa Melirang, Kabupaten Gresik, para warga melaksanakan tradisi tahunan dengan mengirimkan doa kepada leluhur desa.

Selain itu, ada pula warga yang membawa tumpeng yang akan didoakan bersama-sama di lokasi makam Mbah Hasan Dipuro.

Tradisi-sedekah-bumi-2.jpg

Menurut cerita, Mbah Hasan Diporo adalah santri dari Sunan Giri yang dalam misinya ke Sunan Drajat kemudian akhirnya menetap di Dusun Perengkulon yang menyiarkan agama islam di dusun tersebut.

Ratusan warga mulai anak-anak, pemuda hingga lansia ikut mendoakan para leluhur desanya. Mereka percaya, doa itu dipanjatkan untuk mendapat keberkahan hidup.

Ketua Panitia Abdul Choliq menuturkan acara yang digelar dengan tujuan untuk melestarikan budaya yang ada sejak puluhan tahun lalu.

Meski di zaman modern saat ini, dikatakan Choliq masyarakat masih melakukan tradisi kirim doa di makan leluhur karena ingin mendapat keberkahan dari makanan yang didoakan.

"Para warga mengirim makanan ke lokasi makam untuk didoakan. Setelah itu dilakukan prosesi doa bersama di lokasi makam," katanya.

Choliq membeberkan, selain kirim doa ke leluhur beberapa rangkaian sedekah bumi diantaranya pencak silat, ceramah agama yang di sampaikan oleh KH Syadzili serta mengundang ISHARI se-ancab bungah dan sebagian undangan dari Lamongan.

Sementara, Kepala Desa Melirang Muaffaq menambahkan tradisi sedekah bumi harus terus dilaksanakan. Selain sebagai bentuk penghormatan ke leluhur desa, kegiatan itu sebagai bentuk kerukunan antar warga.

"Acara sedekah bumi di Melirang, Gresik Smart City setiap tahun bertambah ramai itu berkat kerjasama panitia dan keguyupan warga yang tetap mempertahankan budaya lokal," imbuhnya. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Loading...
Registration