Politik

Karyono Wibowo: Jokowi-Prabowo Harus Jadi Negarawan soal Hasil Quick Count

Kamis, 25 April 2019 - 20:15 | 85.81k
Pengamat Politik Karyono Wibowo. (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)
Pengamat Politik Karyono Wibowo. (FOTO: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat Politik Karyono Wibowo berharap, Capres 01 Jokowi dan Capres 02 Prabowo menunjukkan sikap kenegarawan dalam menyikapi hasil hitung cepat (quick count) pemilu 2019. Menurutnya, hasil real count tidak akan jauh berbeda dengan hasil quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Dan itu terbukti dari pemilu-pemilu sebelumnya.

"Kalau kita lihat dari real count KPU, terdeteksi ini tidak jauh beda dengan hasil quick count yang angkanya 55, 54, 54 koma. Kalau naik nol koma sekian persen, tidak melewati satu persen," ujarnya usai diskusi bertajuk 'Mengungkap Fenomena Hoaks dan Upaya Delegitimasi Penghitungan Suara Pasca Pemilu Serentak 2019' di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

Direktur Eksekutif IPI ini juga berharap, masyarakat tidak serta merta mempercayai isu yang digiring salah satu kandidat menyangkut hasil penghitungan suara. Publik lanjutnya, harus bisa sedikit berfikir dan menggunakan data serta rekam jejak dari para kandidat dalam menyikapi quick count selama ini.

"Tapi sebenarnya bagi masyarakat yang mau berfikir sedikit saja, sudah bisa di prediksi siapa yang unggul dalam pemilu 2019 ini," ungkapnya.

Kendati demikian, terlepas dari semua penghitungan yang ada, semua pihak diminta sabar menunggu hasil rekapitulasi manual dari KPU RI, 22 Mei mendatang. Sebab, itulah hasil real count yang akan menentukan siapa pemenang pilpres 2019 ini.

Selain itu, Karyono meminta agar tak ada lagi pihak-pihak yang mencoba memprovokasi para pendukung untuk menyatakan pemilu curang. Apalagi sampai menggerakan people power.

"Ini cukup buruk untuk citra demokrasi di Indonesia ke depan. Bagi saya sekarang ini tunjukanlah sikap negarawan baik Pak Jokowi, KH Ma'ruf Amin maupun Pak Prabowo, Sandiaga ya harus menunjukan sikap kenegarawan," tandas Karyono Wibowo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES