Ekonomi

Kendalikan Harga Bawang, TPID Kota Kediri Gelar Pasar Murah

Kamis, 25 April 2019 - 19:49 | 43.13k
TPID gelar pasar murah bawang. (FOTO: Canda/TIMES Indonesia)
TPID gelar pasar murah bawang. (FOTO: Canda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Tim Pengendali Inflasi Daerah atau TPID Kota Kediri Jawa Timur, menggelar pasar murah khusus komoditas bawang putih dan bawang merah di bundaran Sekartaji Kota Kediri, Kamis (25/4/2019).

Pasar murah yang dilakukan ini dalam rangka menstabilkan harga dua komoditas bawang tersebut yang mengalami kenaikan signifikan. Seperti yang diketahui untuk harga jual bawang merah di pasar tradisional saat ini mencapai Rp 37 - Rp 40 ribu/kg dan bawang putih Rp 40 - Rp 50 ribu/kg.

Kehadiran pasar murah tersebut sontak mendapat antusias dari masyarakat lantaran harga jual dari komoditas itu dijual sangat murah bahkan bisa dibilang setengah harga.

bawang.jpg

"Hari ini kami menyediakan setidaknya 600 kilogram lebih bawang merah dan bawang putih. Kami menjualnya seharga Rp 24.000 per/kg untuk bawang putih, sedangkan bawang merah kita hargai per/kgnya seharga Rp 27.000," kata Edi Darmasto Barenlitbang sekaligus anggota TPID Kota Kediri. 

Menurut Edi, pasar murah ini digelar dua tempat secara bersamaan yakni di Bundaran Sekartaji, Lapangan Gajah Mada Pesantren. "Kita gelar di tiga lokasi secara bersamaan. Diharapkan dengan adanya pasar murah ini dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan memasaknya khususnya di dua komoditas ini," ungkapnya.

Sementara itu, Siti Hariani salah satu pembeli di pasar murah tersebut mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya pasar murah itu. "Kita sangat terbantu, apalagi harga di pasar kabarnya juga sangat tinggi," ujarnya.

Lebih lanjut ia berharap kedepan pihak tpid kembali mengadakan acara serupa agar ia tidak keberatan dengan tingginya harga bawang. "Adakan lagi setidaknya sampai harganya mulai stabil," ujar anggota TPID Kota Kediri ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Kediri

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES