Politik

Ketua DPD NasDem Kota Probolinggo Tersisih 

Kamis, 25 April 2019 - 16:39 | 70.98k
Rekapitulasi suara tingkat kecamatan. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)
Rekapitulasi suara tingkat kecamatan. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOKetua DPD NasDem Kota Probolinggo, Zulfikar Imawan tersisih dalam kontestasi Pileg 2019 kemarin. Padahal sebelumnya, Zulfikar Imawan termasuk pimpinan dewan. Tepatnya sebagai wakil ketua II.

Dalam pemilu 2019, Zulfikar Imawan yang maju di dapil Mayangan, hanya memperoleh 1.260 suara. Sebelumnya, pada pileg 2014, lelaki yang akrab disapa Iwan ini mampu meraup 1.915 suara, di dapil yang sama.

Selain itu, wajah NasDem dalam DPRD Kota Probolinggo juga mengalami perubahan. Hanya satu petahana yang mampu bertahan. Jatah kursi partai besutan Surya Paloh ini juga berkurang. Dimana sebelumnya mendapat 4 kursi, kini menjadi tiga kursi.

Pada pemilu 2019 ini, dua wajah baru menjadi wakil NasDem dalam parlemen. Yakni Sibro Malisi dan Ilyas Aditya. Keduanya melenggang bersama incumbent Sri Warsini, mewakili suara NasDem. Sedangkan Roy Amran dan Ananingsih, gagal melenggang ke kursi dewan.

Terkait tidak lolosnya Imawan dalam pemilu kali ini, ada beberapa hal yang mempengaruhi. Diantaranya, gagalnya regenerasi kepengurusan, juga didukung dengan sistem pemilihan umum yang mengandalkan model proporsional terbuka.

“Dimana para pemilih sangat berkuasa, dalam menentukan pilihan. Baik dari figur, fisik dan finansial caleg yang ada dalam semua parpol peserta pemilu,” ujarnya, Kamis (25/4/2019), melalui sambungan telepon.

Menurut Imawan, dalam sistem ini, caleg yang komplek kriterianya, yakni yang punya modal politik, sosial dan ekonomi, menjadi penting. Serta tepat dalam menaikkan jumlah suara parpol dalam pemilu. Hal itu merupakan dorongan elektoral.

Sebagai informasi, Ketua DPD NasDem Kota Probolinggo, Zulfikar Imawan sebelumnya sempat maju menjadi calon Wakil Wali Kota Probolinggo. Pada pilkada 2018 lalu. Bergandengan dengan Fernanda Zulkarnaen, dari partai Golkar. Pada pemilu 2019, Fernanda lolos dengan perolehan suara terbanyak di partai Golkar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES