Politik

Basis Pujasuma di Sumsel, Jokowi Mampu Imbangi Prabowo

Kamis, 25 April 2019 - 16:10 | 123.32k
Duet Jokowi - Ma'ruf kuasai Banyuasin, Sumatera Selatan (FOTO: Situng KPU)
Duet Jokowi - Ma'ruf kuasai Banyuasin, Sumatera Selatan (FOTO: Situng KPU)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Di Sumatera Selatan duet Jokowi – KH Ma’ruf Amin hanya menang di 1 Kabupaten yakni Kabupaten Banyuasin. Sementara Prabowo – Sandi unggul di 16 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan. Di Banyuasin sementara Jokowi - Ma'ruf unggul 52,73 persen sementara Prabowo - Sandi 47,27 persen.

Kemenangan duet di Jokowi Ma'ruf di Banyuasin ditopang oleh perolehan signifikan di wilayah perairan yang merupakan transmigran jawa (pujasuma) dengan ekonomi pertanian padi sebagai andalan (lumbung pangan) Sumatera Selatan.

kpu.jpg

Sementara di daratan Banyuasin yang didominasi melayu muslim dominan dikuasai oleh duet Prabowo - Sandi. Di daratan ini yang ekonominya mengandalkan kebun karet dan sawit dominan arah dukungan ke Prabowo - Sandi.

Berdasarkan rekapitulasi perhitungan KPU Sumsel sementara, Kamis (25/4/2019) pukul 14.30 WIB, Prabowo – Sandi unggul 60,04 persen (1.323.843 suara) sementara Jokowi – Amin 39,96 persen (881.682 suara)

Catatan TIMES Indonesia, Duet Jokowi- KH Ma'ruf Amin memang dapat bersaing dikantung-kantung etnis jawa (tranmigran) di Sumsel seperti Sungai Lilin Muba, Belitang OKU Timur. Namun secara umum Prabowo - Sandi mampu kuasai secara umum wilayah Sumsel.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Palembang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES