Peristiwa - Daerah

Warga Minta Puskesmas Sekapuk Tak Dipindah ke Desa Lain

Warga Minta Puskesmas Sekapuk Tak Dipindah ke Desa Lain Puskesmas Sekapuk (FOTO: Istimewa)
Kamis, 25 April 2019 - 13:00

TIMESINDONESIA, GRESIK – Warga Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, keberatan dengan rencana Pemkab Gresik tentang pemindahan Puskesmas Sekapuk ke Desa Bolo.

Mereka beralasan, puskesmas yang puluhan tahun berdiri itu sudah menjadi rujukan masyarakat untuk berobat. Apalagi, di Sekapuk merupakan wilayah tambang sehingga rawan penyakit Ispa.

"Puskesmas tidak bernah bikin ulah, tidak berpolusi, puskesmas mengajari warga sadar gizi dan pentingnya lingkungan yang sehat kok malah mau dipindahkan," ungkap Rif'atul Mubarokah, Kamis (25/4/2019) siang.

Tokoh Masyarakat H Kahar menyampaikan jika Puskesmas Sekapuk mempunyai banyak sejarah. Dulu dikatakan dia, Puskesmas Sekapuk berdiri pada tahun 1979.

Saat itu tanah desa diserahkan ke pemerintah untuk pembangunan puskesmas. Di tahun 1979 Sekapuk masih kuat dengan budaya klenik (Mbah Dukun) untuk urusan apapun termasuk soal kesehatan, bahkan dukun beranak.

"Dan juga saat itu desa laine belum bisa menerima keberadaan medis. Amat sayang jika saat ini dgn tingginya kesadaran warga dgn urusan kesehatan malah mau dipindahkan," ungkap Kahar.

Dia juga mempertanyakan alasan utama puskesmas dipindah. Padhal, puskesmas tersebut sudah banyak prestasi dan menjadi rujukan berobat bagi masyarakat.

"Intinya kami keberatan jika benar-benar dipindah," ungkap pria yang pernah menjabat LKMD era 70an.

Sementara itu, Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim mengaku banyak keluhan warga yang menolak jika puskesmas benar-benar dipindahkan.

Bahkan hingga saat ini, pihaknya masih belum menerima surat secara resmi atas pemindahan puskesmas. "Belum, hanya dengar dari media," ucap Halim

Halim membeberkan, dia mempertanyakan alasan kenapa puskesmas dipindah. Padhal, di Sekapuk kata dia merupakan kawasan tambang yang setiap hari mengeluarkan debu termasuk yang rentan dengan resiko penyakit. "Kami tentu berharap tidak jadi dipindah. Karena puskesmas tersebut sangat penting untuk kami,” tegasnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Kesehatan Gresik drg Hari Tutik Rahayu membenarkan jika kabar Puskesmas Sekapuk akan dibangun di lahan Desa Bolo bakal terjadi di tahun 2019.

Dia menambahkan pemindahan itu, karena lahan yang dipakai Puskesmas Sekapuk sekarang akan dialihfungsikan. “Saya kurang tahu. Tapi rencananya akan digunakan untuk holtikultura,” ujarnya. (*)

 

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Loading...
Registration