Kesehatan

Manfaat Air Garam Bisa Mengatasi Asam Urat, Benarkah?

Kamis, 25 April 2019 - 07:18 | 415.41k
Ilustrasi - Manfaat air garam untuk mengatasi asam urat (FOTO: iStock)
Ilustrasi - Manfaat air garam untuk mengatasi asam urat (FOTO: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Air garam sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti sakit tenggorokan, sakit gigi, atau flu. Selain itu, manfaat air garam ternyata juga bisa digunakan oleh penderita asam urat.

Bukannya dengan berkumur-kumur, air garam bisa dijadikan air untuk berendam bagi penderita asam urat. Pakar kesehatan menyebut berendam di dalam air garam ternyata bisa meredakan stres sekaligus mengatasi nyeri yang disebabkan oleh serangan asam urat.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Manchester dan dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Immunity, dihasilkan fakta bahwa penderita asam urat bisa berendam di dalam air garam jika mulai merasa tidak nyaman dengan gejala nyeri akibat penyakit asam urat.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa terdapat hewan percobaan yang dikondisikan mengalami sensasi nyeri pada beberapa bagian tubuhnya. Para peneliti kemudian menyuntikkan larutan garam ke bagian tubuh yang nyeri tersebut. Hasilnya adalah, proses peradangan semakin menurun. Pembengkakan juga berkurang sehingga membuat rasa nyeri mereda.

Para peneliti juga menyebut larutan tinggi garam mampu menghambat proses pengiriman sinyal peradangan menuju otak. Selain itu, berendam di dalam cairan ini juga bisa mengatasi masalah radang sendi dengan efektif.

Bahkan, jika kita mengalami ketegangan otot akibat aktivitas fisik yang berat, berendam di dalam cairan garam bisa memberikan sensasi rileks dan membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar. Hal ini tentu akan membuat badan menjadi lebih nyaman.

Meski secara umum aman untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebut dalam beberapa kondisi tertentu berendam di dalam air garam sebaiknya tidak dilakukan. Sebagai contoh, jika kita memiliki luka terbuka atau lecet-lecet, sebaiknya tidak melakukannya karena bisa jadi akan membuat kulit terasa sangat perih. Selain itu, jika kita mengalami masalah hipotensi atau tekanan darah rendah, bisa jadi hal ini akan membuat kepala pusing.

Nah, kini Anda bisa mendapatkan manfaat air garam selain mengatasi tenggorokan sakit. Yang perlu diingat, untuk mengatasi asam urat yang dialami Anda harus menggunakan air garam dengan tepat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES