Peristiwa Daerah

Gubernur Jatim Buka Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2019

Kamis, 25 April 2019 - 01:54 | 151.56k
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Buka Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2019 di Banyuwangi (FOTO: Istimewa)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Buka Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2019 di Banyuwangi (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIGubernur Jatim Dra Hj Khofifah Indar Parawansa bersama Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB) dan Reformasi Birokrasi Diah Natalisa dan Bupati Abdullah Azwar Anas secara bersamaan membuka acara Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2019 dengan menekan bel.

Acara ini digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Pemprov Jawa Timur, Rabu tanggal 24 hingga tanggal 26 April 2019, bertempat di Taman Blambangan.

Gubernur Jatim mengungkapkan alasan mengapa acara tersebut ditempatkan di Banyuwangi. “Banyuwangi adalah sentra dari ikhtiar upaya peningkatan pelayanan publik. Inovasi yang telah dilakukan Banyuwangi semoga bisa menjadi referensi bagi daerah lain,” ungkap Khofifah saat membuka acara, Kamis (25/4/2019).

Gubernur-Jatim-dan-Bupati-Banyuwangi-aa.jpg

Khofifah menambahkan pelayanan publik yang dilakukan Pemkab Banyuwangi, tidak sekadar berhenti pada inovasi tanpa tujuan. Namun bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Tujuan inovasi pelayanan publik adalah peningkatan kesejahteraan warga. Banyuwangi telah menjadi contoh, bagaimana inovasi pelayanan publiknya berkorelasi positif dengan peningkatan perekonomian daerah," ungkapnya.

Khofifah kemudian menyoroti cerita sukses Mal Pelayanan Publik yang dikembangkan Pemkab Banyuwangi yang mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus berbagai dokumen dan perizinan. Sebanyak kurang lebih 178 stand, inspektorat, perbankan, kepolisian, rumah sakit, dan lembaga-lembaga pemerintahan lain di Jawa Timur ada disini.

“Sebagai aparatur sipil negara harus 'we have to open mind' yang tahu dan yang lebih paham kebutuhan masyarakat, Rakyat diberikan kemudahan dengan keberadaan Mal Pelayanan Publik ini. Apalagi dengan layanan digitalisasi yang semakin hari semakin tak bisa dihindarkan,” ungkapnya.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa juga mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan publik yang dilakukan Banyuwangi. Inovasi Banyuwangi tidak hanya memanfaatkan cara-cara konvensional. Namun, telah meningkat pada taraf kolaborasi dengan segala pihak, seperti halnya komunitas dan swasta.

“Saya tahu betul bagaimana inovasi pelayanan publik Banyuwangi telah melibatkan banyak pihak. Seperti program penanganan Bumil Risti (Ibu Hamil Berisiko Tinggi) yang melibatkan masyarakat hingga aparat kepolisian. Juga program pengantaran obat kepada pasien kurang mampu yang berkolaborasi dengan Go-Jek,” ujar Diah.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menegaskan, berbagai inovasi yang dilakukan Banyuwangi berangkat dari upaya menjawab tantangan dan memanfaatkan potensi yang ada. 

“Misalnya, untuk tantangan geografis Banyuwangi yang sangat luas, kami mendorong program Smart Kampung, di mana pelayanan publik ditekankan di tingkat desa,” tegasnya.

Bupati Anas menambahkan untuk tantangan ekspektasi publik yang makin tinggi, pihaknya telah mengembangkan Mal Pelayanan Publik sejak 2017. "Ini menjadi mal pelayanan publik pertama di Indonesia yang dikembangkan oleh pemerintah kabupaten," ujarnya di acara Simposium Inovasi Pelayanan Publik 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES