Peristiwa Nasional

Soal Pembakaran Kotak Suara Pemilu, Fadli Zon: Harus Diusut Tuntas

Kamis, 25 April 2019 - 01:20 | 52.55k
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (FOTO; Dokumen TIMES Indonesia)
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (FOTO; Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyayangkan aksi pembakaran kotak suara di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Dia pun meminta kasus tersebut diusut tuntas.

"Saya kira itu sebuah hal yang harus kita sayangkan. Apalagi ada videonya dan kalau itu asli dan benar-benar terjadi itu sebagai bencana dan penghinaan terhadap sistem demokrasi kita. Tanggung jawabnya apa penyelenggara pemilu dan pihak keamanan. Ini harus diusut tuntas," kata Fadli, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Sebelumnya, beredar video viral di media sosial pembakaran kotak dan surat suara diduga terjadi di Distrik Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. 

Dalam video yang berdurasi kurang lebih 5 menit 7 detik itu, terlihat tumpukan surat dan kotak suara yang sedang terbakar dan diduga sebagai logistik Pemilu 2019.

Selain itu, terlihat juga seorang ibu dan anak yang sedang membuang sejumlah surat suara ke arah tumpukan tersebut. Ada juga suara dari orang yang merekam video tersebut.

Kata Fadli Zon, kasus pembakaran kotak suara tersebut sebenarnya bisa diantisipasi dengan baik oleh penyelenggara pemilu. Mulai KPU RI, Bawaslu RI sebagai penyelenggara dan pengawas Pemilu serta Polri sebagai penjaga keamanan Pemilu 2019. "Jadi jangan hanya mengamankan di kota kemudian di daerah dibiarkan. Seharusnya di sana dong, mengamankan agar sesuai konstitusi," tandas Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES