Peristiwa Nasional

Soal Wagub DKI Jakarta, Mendagri RI: Sandiaga Uno Mundur Sukarela

Rabu, 24 April 2019 - 23:03 | 60.54k
Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo menganggap Sandiaga Uno sudah mundur secara sukarela sebagai Wagub DKI Jakarta. Pernyataan ini disampaikan Tjahjo saat menanggapi isu kemungkinan Sandiaga Uno kembali mendampingi Gubernur Anies jika kalah di Pilpres 2019.

"Menurut saya yang bersangkutan (Sandiaga) sudah minta mundur secara sukarela, ya seyogyanya tidak kembali lagi," ujar Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Kendati demikian, Tjahjo menyebut, tidak ada aturan yang melarang jika partai pengusung kembali menunjuk kepala daerah yang sudah mengundurkan diri. Sebab hal tersebut menjadi kewenangan partai politik untuk mengusung seseorang.

"Di aturannya sih enggak ada. Di Undang-undang enggak ada. Silakan saja itu kan kewenangan partai politik," ucap mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.

Tjahjo menuturkan, saat itu Sandiaga Uno sudah memutuskan untuk mundur dari jabatannya dan memilih maju sebagai Calon Wakil Presiden mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto.

Mengenai cawagub pengganti Sandiaga, Tjahjo menyebut Kemendagri RI atau Gubernur hingga Ketua DPRD tak bisa mengintervensi. Sebab cawagub yang diusung merupakan kewenangan dari partai politik.

"Ya kan sudah terbuka menyatakan saya (Sandiaga Uno) mundur untuk fokus pada cawapres. Dan partai juga sudah berkutat bergumul mengusung para calonnya wagub itu, sudah pusing 7 keliling," tandas Mendagri RI Tjahjo Kumolo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES