Peristiwa Daerah

IDI Bontang Layani Pemeriksaan Medis Petugas PPK saat Pleno Rekapitulasi Kecamatan

Rabu, 24 April 2019 - 19:26 | 50.73k
Anggota PPK Bontang Selatan, Jumadi sedang memeriksakan kesehatannya (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Anggota PPK Bontang Selatan, Jumadi sedang memeriksakan kesehatannya (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Ikatan Dokter Indonesia Kota Bontang (IDI Bontang) kerahkan petugas medis untuk mengawal kesehatan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Langkah ini untuk mengantisipasi kelelahan petugas yang tengah melakukan Pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019.

Hal itu berdasar pada surat edaran IDI Wilayah Kaltim Nomer: 277/IDI WIL-17/A.7/IV2019 yang mengimbau kepada IDI Bontang dan Seluruh Kabupaten Kota di Kaltim untuk menurunkan personel kesehatan dalam Pleno Kecamatan yang diprediksi masih berjalan hingga 3 hari ke depan.

Menurut petugas jaga di Pleno PPK Kecamatan Bontang selatan, untuk Kota Bontang Petugas yang diturunkan dibagi menjadi 3 tempat pleno PPK.

IDI-Bontang-a.jpg

Pembagian tugas di tunjuk berdasarkan wilayah Rumah sakit dan Puskesmas dimana PPK berada. Seperti diantaranya, Kecamatan Bontang Utara di koordinir Rumah sakit PKT dan Puskesmas Loktuan, Bontang Selatan oleh Rumah sakit Badak LNG dan Kecamatan Bontang barat di koordinir Puskesmas dan RSUD Bontang.

“Untuk setiap Kecamatan sudah ada yang mengkoordinir, di setiap rumah sakit dan puskesmas yang ditunjuk IDI Bontang,” ujar dr Indah Purnamasari dari Puskesmas Bontang Selatan 1 yang bertugas di PPK Bontang Selatan, Rabu, 24/4/2019

Hasil penelusuran Bontang Times, setiap Kecamatan tim medis yang diturunkan berjumlah minimal 3 hingga 5 orang dengan komposisi tim medis 2 orang dokter dan 3 orang perawat.

Sejumlah petugas yang melakukan pengecekan kesehatan beragam, tidak hanya dari PPK maupun KPPS aparat keamanan pun turut serta layanan kesehatan ini.

Layanan kesehatan IDI Bontang ini memberikan layanan pengecekan kesehatan berupa cek tensi, cek gula dan memberikan vitamin jika diperlukan.

“Rata-rata kecapekan dan kurang istirahat, tadi ada ibu hamil dari KPPS alhamdulillah sehat semua, baik janin maupun ibu nya,” ujarnya.

Semua pihak terkait kesehatan ikut terlibat dalam bantuan tim medis bagi petugas PPK ini, sementara bantuan obat didatangkan dari Dinas Kesehatan. “Untuk bantuan obat dan vitamin dari Dinas kesehatan,” kata Fauzi, salah satu perawat yang bertugas di kecamatan Bontang selatan

Komisioner KPU Bontang, Saparudin mengapresiasi upaya IDI Bontang memberikan bantuan tim medis saat proses penghitungan Pemilu 2019 di semua PPK saat ini. Pihaknya memandang penting upaya tersebut untuk mengantisipasi terjadinya insiden yang terjadi di beberapa daerah tersebut. “Kami mengucapkan terima kasih kepada IDI Kaltim, terkhusus IDI Bontang, ini penting bagi  kawan kawan petugas supaya bisa mengontrol kesehatan disini, bisa dilakukan saat break,“ ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES