Pendidikan

Perpustakaan Digital Milik Unusa Diadopsi SMANU 2 Gresik

Rabu, 24 April 2019 - 17:12 | 164.93k
MoU antara SMANU 2 dan Unusa untuk pengembangan perpustakaan digital (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
MoU antara SMANU 2 dan Unusa untuk pengembangan perpustakaan digital (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Mengadopsi perpustakaan digital milik Universitas Nahdlatul Ulama atau Unusa Surabaya yang bernama Serbuk (Share Book), siswa SMANU 2 Gresik bisa membaca buku digital dengan handphone. Hal itu sangat memudahkan siswa untuk mendapatkan buku.

Untuk bisa membaca buku digital caranya mudah, tahap pertama siswa mengakses website perpustakaan digital sekolah. Kemudian, siswa memasukkan identitas serta password serta masuk dalam jaringan Wi-Fi sekolah.

Selain membaca buku, para siswa juga bisa mengupload karya mereka seperti cerpen, puisi serta komik. Kemudian, untuk guru bisa mengupload tugas mata pelajaran, materi pembelajaran hingga tugas ke dalam website perpustakaan digital karya mahasiswa Unusa.

Salah satu siswa SMANU 2 Gresik Zaki Fardiansyah mengaku peluncuran perpustakaan digital ini cukup memudahkan untuk mencati informasi dan pelajaran di dalam buku digital.

siswa-pake-Handphone.jpgSalah satu siswa saat mencari buku digital (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

"Tinggal klik langsung bisa mendapatkan buku. Selain buku pelajaran berbentuk E-Book disini juga lengkap dan berbagai macam buku tersedia. Sehingga tak harus ke perpustakaan untuk meminjam buku," katanya.

Zaki membeberkan, dia membandingkan menggunakan buku cetakan dengan digital. Dia menilai, buku digital lebih mudah dipahami dan juga mudah didapatkan.

Kalau dulu dikatakan dia, untuk meminjam buku dan dibawa pulang, siswa harus ke perpustakaan sekolah terlebih dahulu. Setelah dipinjam satu minggu, baru dikembalikan lagi ke sekolah.

"Kalau pakai ini, usai mengunduh, kamudian bisa dibaca di rumah lewat Hp maupun laptop. Karena sudah di unduh, bisa dibaca kapan saja tanpa memakai jaringan internet," tambahnya

Ketua LPPM V Unusa, Nasori mengatakan jika perpustakaan digital yang dinamai Serbuk ini merupakan karya mahasiswa yang sudah banyak diadopsi oleh sekolah untuk menjadi rujukan perpustakaan berbasis digital di sekolah.

Dia mengungkapkan, sudah ada tiga sekolah di Kota Pudak yang menggunakan Serbuk sebagai perpustakaan digital mereka.

"Ini hasil karya mahasiswa Unusa Surabaya yang sudah banyak diadopsi oleh sekolah di sekitar Surabaya dan Gresik termasuk SMANU 2 Gresik. Semoga ini bisa menjadi rujukan perpustakaan di era digital saat ini," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES