Kesehatan

Menteri Kesehatan Dukung Produsen Alat Kesehatan Dalam Negeri

Rabu, 24 April 2019 - 11:08 | 60.34k
Menkes Nila Moeloek berkunjung ke Laboratorium Rapid Test Kimia Farma di Denpasar Bali. (Foto: Ivan Iskandaria/TIMES Indonesia)
Menkes Nila Moeloek berkunjung ke Laboratorium Rapid Test Kimia Farma di Denpasar Bali. (Foto: Ivan Iskandaria/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, DENPASARMenteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Farid Moeloek didampingi Pejabat Eselon I Kementerian Kesehatan RI bersama sejumlah media masa berkunjung ke Fasilitas Produksi Rapid Test Kimia Farma di Jalan Cargo Taman II No.9, Ubung Kaja Denpasar Utara, Bali, Rabu (24/4/2019).

Dalam kesempatan ini Menkes mengatakan fasilitas Produksi Rapid Test ini merupakan wujud komitmen kemandirian Kimia Farma yang diharapkan dapat mengembangkan produk lokal Indonesia. Selain itu, fasilitas ini sebagai upaya Perseroan menjadi perusahaan healthcare yang memberikan akses produk dan layanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Produk alat kesehatan yang dihasilkan Fasilitas Produksi Rapid Test Kimia Farma adalah test kit," ungkap Nila Moeloek.

Adapun test kit yang telah mendapat izin edar yaitu Test Kehamilan (hCG test), Tes Hepatitis (HBsAg test), Tes Sifilis, Tes Malaria, Tes Dengue (IgG/IgM test).

Sementara itu, test kit yang saat ini masih dalam pengembangan adalah HIV 1 & 2 Test, Drug Test yang terdiri atas Morphine Test, Cocaine Test, Marijuana Test, Amphetamine Test, Methamphetamine Test, Ecstasy Test, dan Benzodiazepine Test.

Menkes menambahkan saat ini, Kimia Farma juga sedang melakukan pengembangan bahan baku test kit untuk antibodi monoklonal lokal bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk Dengue NS1 dan Universitas Andalas untuk antibodi monoklonal lainnya beserta reagensia.

"Kementerian Kesehatan terus mendukung produsen alat kesehatan dalam negeri. Saat ini produksi lokal alat kesehatan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit sudah lebih dari 50%," tuturnya.

Dengan adanya rapid test ini, kata Menkes, berbagai penyakit dapat diketahui dengan cepat. PT. Kimia Farma ini baru memproduksi 5 jenis alat rapid test, yakni Test Kehamilan (hCG test), Tes Hepatitis (HBsAg test), Tes Sifilis, Tes Malaria, dan Tes Dengue (IgG/IgM test).

“Ini karya anak kita sendiri. Masalah nyamuk (DBD) sulit tapi kalau diagnosa dengan cepat kita obatinya cepat,” kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES