Politik

AS Hikam: Banyaknya Kecurangan di Pemilu Serentak 2019 Memprihatinkan 

AS Hikam: Banyaknya Kecurangan di Pemilu Serentak 2019 Memprihatinkan  Pengamat politik AS Hikam (FOTO: Edi Junaidi ds/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 23:44

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengamat politik, Muhammad AS Hikam menilai, pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 sangat memprihatinkan, setelah ditemukannya berbagai macam kecurangan di sana-sini dan bermacam pelanggaran lainnya.

Menurut AS Hikam, harus diakui bahwa berbagai kecurangan tersebut adalah bagian dari tindakan oknum politik tertentu yang hanya numpang hidup dalam keindahan demokrasi Indonesia, kemudian menghancurkan nya dari dalam dengan cara melakukan kecurangan secara sengaja.

"Harus diakui bahwa temuan-temuan terkait berbagai kecurangan atau pelanggaran pelaksanaan Pemilu 2019 cukup memprihatinkan dan bukan suatu hal yang tak mungkin bahwa apabila jumlah temuan kecurangan-kecurangan dan pelanggaran di TPS di daerah terus bertambah dan tak tertangani dengan efektif, maka kredibilitas KPU bisa dipertanyakan dan, bahkan, tergerus," kata AS Hikam di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Kemudian, AS Hikam  juga menegaskan bahwa situasi politik yang terjadi saat ini, bisa menjadi peluang besar bagi oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan berbagai cara untuk melegitimasi Penyelenggara pemilu 2019.

Dia berharap KPU RI dan Bawaslu RI bekerja dengan jujur dalam hal ini, mengingat pentingnya menjaga kepercayaan masyarakat Indonesia kepada para penyelenggara pemilu di negerinya sendiri.

"Hal tersebut, pada gilirannya, akan rentan terhadap upaya memanfaatkannya sebagai salah satu sumber potensial bagi upaya delegitimasi Pemilu Serentak 2019 berikut hasil-hasilnya oleh pihak-pihak anti demokrasi," tegas AS Hikam. (*)

Jurnalis : Edy Junaedi Ds (MG-57)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration