Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Exchange Program di Singapura, Pendidikan Vokasi UB Kirim 25 Mahasiswa

Exchange Program di Singapura, Pendidikan Vokasi UB Kirim 25 Mahasiswa (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 20:44

TIMESINDONESIA, MALANG – Program Pendidikan Vokasi UB (Universitas Brawijaya) menggelar Short Term Exchange Program di Nanyang Polytechnic Singapura, 18 - 22 Maret 2019. 

Program ini diikuti oleh 25 mahasiswa dari berbagai bidang keahlian yang ada di Vokasi UB.  Tujuan utama diadakannya program tersebut untuk pertukaran budaya, mempelajari attitude, mempelajari kemajuan yang ada di Singapura dan juga untuk mengetahui sistem pendidikan sehingga mahasiswa dapat memliki wawasan baru.

Pendidikan-Vokasi-UB2.jpg

Project-project dari perusahaan banyak yang dikerjakan di dalam kampus sehingga staf pengajar dan mahasiswa dapat terus mengikuti perkembangan dan memiliki pengalaman sesuai dengan yang ada di dunia usaha/industri. Penerapan teaching factory di Nanyang Politechnic tersebut juga menunjukkan bahwa pertingnya melakukan kolaborasi lintas bidang untuk dapat menyelesaikan suatu project industri.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari Program Short Term Exchange Program tersebut. Manfaat bagi mahasiswa sendiri untuk membuka cakrawala mahasiswa di dunia internasional, untuk mengetahui sistem pembelajaran diluar negeri, untuk mempelajari attitude yang baik sehingga dapat diimplementasikan dan membentuk karakter bangsa. 

Pendidikan-Vokasi-UB3.jpg

“Disisi lain, saya juga berharap bahwa mahasiswa peserta yang berasal dari dari berbagai backround bidang keahlian tersebut ini nantinya dapat berkolaborasi, karena sekarang era-nya bukan lagi kompetisi, namun kolaborasi,” pungkas Harnan Malik selaku Dosen Vokasi Universitas Brawijaya. 

Selain itu, tambah Harnan manfaat yang diperoleh vokasi dengan kegiatan Short Term Exchange Program adalah sebagai tahap awal untuk membangun kerjasama yang baik dengan berbagai lembaga pendidikan yang ada di luar negeri.

Program Exchange Program selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 22-26 April 2019 di Universitas Petronas Malaysia. Harapan untuk kedepannnya, Exchange Program ini tidak lagi hanya di Singapura dan Malaysia, akan tetapi ke berbagai negara, namun saat ini Vokasi UB sedang dalam penjajakan termasuk ke negara Thailand untuk program yang sama. (*)

Jurnalis : Agung Budi Leksono (CR-106)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration