Peristiwa - Daerah

Wabup Irwan: Lembaga PAUD Harus Punya Sarjana PAUD dan Psikologi

Wabup Irwan: Lembaga PAUD Harus Punya Sarjana PAUD dan Psikologi Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat memberikan arahan di depan para pengelola PAUD, di Aula Disdikbud Bondowoso. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 21:14

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat meminta, Lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Bondowoso, agar mempunyai pendidik yang lulus Sarjana PAUD dan Sarjana Psikologi

Hal itu, disampaikannya saat membuka kegiatan Sosialisasi Akreditasi PAUD, BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Timur di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Selasa (23/4/2019). 

“Guru PAUD harus S1 PAUD dan itu menjadi persyaratan,” kata pria yang akrab disapa Irwan itu, saat dikonfirmasi sejumlah awak media. 

Adapun alasan lembaga harus memiliki pendidik lulusan Sarjana PAUD dan Sarjana Psikologi. Karena, kata dia, berkaitan dengan pembentukan karakter.

“Usia tiga sampai enam tahun itu adalah golden age. Usia keemasan, ibaratkan kertas putih. Kalau kita keliru dalam memberikan atau menginput (pendidikan, red), ya tentunya ini akan membentuk karakter,” katanya. 

Sementara langkah dari pemerintah daerah, kata dia, Diknas bisa memberikan peluang bagi guru PAUD, untuk menempuh jenjang pendidikan sesuai dengan basic kompetensinya. 

Hal senada juga diakui oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bondowoso, Harimas. Bahwa masih banyak guru yang belum memenuhi kompetensi dasar. 

Bahkan, kata dia, terjadi juga dengan banyak guru SD. Setelah mereka mengajar, ternyata tidak mempunyai kompetensi pendidikan yang memadai. 

“Ada lulus SMA, sekarang diangkat mengajar dia. Dia status sebagai guru, disebut guru di desa atau di kota disebut guru. Tapi dia tidak mempunyai tunjangan fungsional guru. Kompetensinya bukan sarjana pendidikan,” jelasnya. 

Senada dengan harapan Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, Harimas menginginkan agar Lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Bondowoso, mempunyai pendidik yang lulus Sarjana PAUD dan Sarjana Psikologi. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Loading...
Registration