Pendidikan

UMBY Gelar Wisuda Sebanyak 578 Mahasiswa

UMBY Gelar Wisuda Sebanyak 578 Mahasiswa Prosesi wisuda mahasiswa UMB Yogyakarta di JEC, Selasa (23/4/2019). (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 21:32

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggelar Sidang Senat terbuka untuk wisuda mahasiswa program Sarjana dan Pascasarjana tahun ajaran 2018/2019.

Periode April 2019 UMBY mewisuda lulusannya sebanyak 554 orang Program sarjana, dan 24 orang Program pascasarjana, pada Selasa (23/4/2019) siang di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta.

Dengan kelulusan hari ini, maka UMBY sejak tahun berdirinya sebagai Universitas Wangsa Manggala telah mampu mempersembahkan kepada bangsa Indonesia, sebanyak 13.650 orang Sarjana dan 271 orang Pascasarjana. sesuai dengan motto ”Angudi Mulyaning Bangsa” kepada bangsa dan negara Indonesia.

UMBY-Wisuda-2.jpg

Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah mengatakan, dari seluruh wisudawan wisudawati periode ini 58 persen lulus tepat waktu yaitu 3,5 hingga 4 tahun. Rata-rata IPK > 3.00 sebanyak 90 persen. Yang patut membanggakan adalah 33 persen atau 196 lulusan berpredikat cumlaude.

"Jumlah wisudawan yang cumlaude dari Fakultas Agroindustri Jurusan Agroteknologi sebanyak 3 orang, Jurusan Peternakan 4 orang, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian 9 orang, Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen 96 orang, Jurusan Akuntansi 34 orang, Fakultas Psikologi Jurusan S1 Psikologi 36 orang, Fakultas Teknologi Informasi Jurusan Teknik Informatika 7 orang, Jurusan Sistem Informasi 1 orang dan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia Jurusan Ilmu Komunikasi 5 orang," kata Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah.

Sedangkan mahasiswa yang memperoleh apresiasi khusus Tingkat Universitas yaitu Reynold Ari Renaldo Ticoalu kategori penghargaan lulusan terbaik dengan IPK tertinggi (Strata 1) 3,93 Program Studi Akuntansi, kategori penghargaan lulusan termuda sdri. Oktria Larasati usia 21 tahun 6 bulan dari program Akuntansi, dan penghargaan lulusan terbaik program Magister Psikologi diraih oleh Raden Sugeng Riyadi dengan IPK tertinggi 3,76.

"Momentum wisuda ini janganlah hanya dilihat sebagai sekadar adanya perubahan tambahan gelar di belakang nama. Tetapi, sebenarnya adalah momentum adanya perubahan tanggung jawab. Di pundak kalianlah sekarang tanggung jawab itu diletakkan, tidak hanya tanggung jawab terhadap diri dan keluarga besar kalian, tetapi juga tanggung jawab terhadap perkembangan ilmu yang kalian tekuni, dan tanggung jawab terhadap menjaga image Fakultas dan UMBY, serta tanggung jawab bangsa dan negara Republik Indonesia ini," tambah Dr Alimatus Sahrah.

Ketua Pengurus Yayasan Wangsa Manggala R. Aryo Winoto, S.Pd berpesan kepada para wisudawan untuk selalu mengembangkan kompetensi soft skill, seperti jujur, disiplin dan tanggungjawab serta kerjsama.

"Janganlah sampai kita menjadi penonton di negeri kita sendiri, kita harus menjadi pemain di negeri sendiri, kita harus menguasai kompetensi sebagai sarjana dan program sarjana, sesuai dengan ketentuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan soft skill serta bahasa asing,"  terang Aryo saat acara wisuda mahasiswa UMBY (*)

Jurnalis : Ahmad Tulung
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Loading...
Registration