Pendidikan

Rektor UGM Resmikan Research Farm Fakultas Peternakan

Selasa, 23 April 2019 - 20:52 | 52.88k
Rektor UGM, Prof Panut Mulyono saat meresmikan Research Farm (Closed House) di Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (3/4/2019). (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Rektor UGM, Prof Panut Mulyono saat meresmikan Research Farm (Closed House) di Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (3/4/2019). (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTARektor UGM, Prof Panut Mulyono meresmikan Research Farm (Closed House) di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (Fapet UGM), Selasa (3/4/2019).

Pendirian Research Farm ini merupakan hasil kerja sama antara Fapet UGM dengan salah satu anak usaha  PT Japfa Comfeed Indoesia Tbk. (JAPFA), yakni, PT Ciomas Adisatwa. 

Research-Farm-2.jpg

Dekan Fapet UGM, Prof Dr Ali Agus menyatakan, pendirian Research Farm bertujuan untuk menunjang riset bagi mahasiswa Fapet, baik dari program sarjana ataupun pascasarjana. Dengan adanya Research Farm, pihaknya berharap bisa meningkatkan riset di Fapet.

"Mimpi kami adalah mencapai predikat Fakultas Peternakan best 5 di Asia dan best 10 di antara negara-negara tropis," kata Ali Agus.

Disinggung tentang kerja sama Fapet dengan JAPFA, Ali mengungkapkan bahwa ini bukanlah yang pertama kali. Hubungan keduanya diawali pada tahun 2003 dengan pembangunan Teaching Farm. "Pada 2017 lalu dengan pembangunan Laboratorium Pasca Panen dengan kapasitas sekitar 20.000 ayam per hari," jelas Ali.

Presiden Komisioner JAPFA, Syamsir Siregar menjelaskan, keberadaan JAPFA, selain memenuhi pasokan pangan, juga bertujuan untuk membangun pendidikan Indonesia. Karena itu, ia menyebut kerja sama yang dijalin selama ini dengan UGM merupakan upaya agar para mahasiswa mengembangkan ilmu peternakannya.

"Kami membantu menyediakan fasilitas penunjang riset mahasiswa yang sesuai dengan perkembangan industri terkini. Nanti ketika lulus, mereka akan langsung siap untuk terjun ke dunia industri," ungkapnya.

Rektor UGM, Prof Panut Mulyono menyebut, Research Farm ini akan mempermudah mahasiswa dalam menentukan topik risetnya yang lebih sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan demikian, produk hasil riset tersebut nantinya juga akan semakin mudah untuk dihilirisasi.

"Hal ini akan menjadi jawaban atas kritik yang kerap dilayangkan kepada UGM selama ini tentang seretnya arus hilirisasi produk riset kita," terang Panut.

Terlepas dari bagaimana Research Farm ini nantinya, Panut mewakili UGM menyampaikan rasa terima kasih dan memberi penghargaan tinggi kepada JAPFA. Menurutnya, upaya JAPFA ini merupakan contoh baik dari link and match dunia pendidikan dan industri.

Peningkatan kualitas pendidikan seyogianya tidak hanya didukung oleh pemerintah semata, tetapi dukungan dari industri swasta dan segenap elemen masyarakat juga diperlukan.

"Kami percaya program kerja sama (Research Farm) dengan JAPFA sejauh ini akan membawa manfaat nyata untuk masyarakat Indonesia, utamanya di sektor peternakan dan pangan. Semoga kerja sama semacam ini dapat berlanjut pada masa mendatang," pungkas Rektor UGM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES