Peristiwa Daerah

LSP STTNAS Yogyakarta Gelar Recognition Current Competency

Selasa, 23 April 2019 - 20:24 | 109.64k
LSP STTNAS Yogyakarta menggelar Recognition Current Competency (RCC) Batch 1. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)
LSP STTNAS Yogyakarta menggelar Recognition Current Competency (RCC) Batch 1. (FOTO: Dwijo Suyono/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Dalam rangka penjaminan mutu asesor kompetensi, Lembaga Sertifikasi Profesi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (LSP STTNAS) Yogyakarta menggelar Recognition Current Competency (RCC) Batch 1 bagi para asesor kompetensi di LPP Convention dan TUK Institut Teknologi Nasional (ITN) Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan pedoman dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bahwa, masa berlaku sertifikat asesor adalah selama 3 tahun dan harus diperpanjang melalui RCC bagi asesor kompetensi.

Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama tiga batch. RCC Batch 1 ini dipandu langsung oleh Master Asesor dari BNSP, Drs. Sujiyanto dan Masruri.

LSP-STTNAS-Yogyakarta2.jpg

Wakil Rektor I ITNY, Dr. Ratna Kartika Sari mengatakan, pentingnya membekali lulusan baik lulusan Program Diploma maupun Sarjana dengan sertifikat kompetensi. Hal ini diperlukan untuk menyongsong "Indonesia Kompeten" pada tahun 2025 sekaligus menghadapi "Masyarakat Ekonomi ASEAN".

"Melalui uji kompetensi yang dilakukan oleh LSP STTNAS Yogyakarta diharapkan lulusan-lulusan ITNY dapat lulus dengan berbekal sertifikat kompetensi," kata Wakil Rektor I ITNY, Dr. Ratna Kartika Sari.

Turut hadir dalam pembukaan RCC Batch 1 yaitu Ketua Dewan Pembina LSP STTNAS Yogyakarta sekaligus Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Teknologi Nasional (YPTN), Ir. Supatno dan anggota Dewan Pembina LSP ITN Yogyakarta, Ir. Sutarto.

LSP STTNAS sendiri merupakan lembaga sertifikasi profesi P1 yang dimiliki oleh ITN Yogyakarta. Seiring dengan perubahan bentuk institusi dari STTNAS menjadi ITN Yogyakarta, LSP STTNAS saat ini juga sedang berproses untuk berubah nama menjadi LSP ITNY.

LSP STTNAS memiliki 38 orang asesor dan 12 skema sertifikasi. Kegiatan pelatihan RCC asesor kompetensi ini diharapkan dapat mendukung kemajuan ITN Yogyakarta dan dunia industri melalui lulusan yang kompeten dan tersertifikasi di tingkat nasional dan ASEAN melalui asesor-asesor kompetensi yang dimiliki oleh LSP STTNAS(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES