Peristiwa - Daerah

KPU Diminta Tegur Kandidat Pilpres yang Mengklaim Kemenangan Sepihak

KPU Diminta Tegur Kandidat Pilpres yang Mengklaim Kemenangan Sepihak Mahasiswa dan Masyarakat Penegak Hukum (M2PK) saat menggelar aksi damai di depan gedung KPU RI, Jakarta. (FOTO: Istimewa for TIMES Indonesia).
Selasa, 23 April 2019 - 20:16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekelompok masyarakat menggelar aksi damai di depan Gedung KPU RI, Jakarta. Mereka tergabung dalam Mahasiswa dan Masyarakat Penegak Hukum (M2PK), mendesak pihak penyelenggara Pemilu 2019 memberikan peringatan keras terhadap pihak yang mengkalim kemenangan Pilpres 2019 secara sepihak.

Dalam orasinya, massa aksi mendukung KPU RI untuk tetap berada pada garis konstitusional tanpa dihalang-halangi pihak terntentu. "Stop tindakan klaim kemenangan Pilpres 2019 sekarang juga," ujar koordinator aksi, Rahman, di depan Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Menurut dia, klaim kemanangan pasangan capres dan cawapres dengan menggunakan data internal tim pemenangan sama saja telah mengotori hak pilih mayoritas rakyat. Selain itu, klaim kemenangan sepihak juga hanya  menciptkan suasana pasca Pilpres 2019 semakin gaduh.

"Kami meminta KPU untuk menjalankan tugasnya selaku penyelenggara Pemilu secara profesional. Kami berharap KPU untuk memberikan peringatan keras terhadap pihak yang telah melakukan klaim kemenangan Pilpres 2019 dengan cara melawan hukum," tegas Rahman.

Bahkan mengklaim kemenangan sepihak lanjut dia, dengan deklarasi secara terbuka, tanpa mengindahkan dan menunggu hasil real count KPU RI. "Tentu tindakan yang dilakukan pihak tersebut adalah tindakan melawan hukum." tandas Rahman, Koordinator aksi M2PK. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration